Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menilai Konverensi Tingkat Tinggi (KTT) Arcipelagic and Island States (AIS) 2023 sebagai momentum untuk menjadi Kepulauan Seribu salah satu percontohan destinasi pariwisata berbasis kepulauan di Tanah Air.

KTT AIS merupakan forum negara-negara Kepulauan dan Pulau yang digelar Indonesia di Nusa Dua, Bali pada 11-12 Oktober 2023. Sebanyak 25 kepala negara/pemerintah anggota AIS ditargetkan hadir untuk membahas rencana tata ruang laut kawasan kepulauan di wilayah masing-masing.

"Ya, semua kami (Pemerintah Provinsi DKI Jakarta) mendukungnya, kan sebagian bakal dibahas di Bali," kata Heru, saat diwawancarai seusai meninjau pameran inovasi di Balai Kota Jakarta, Senin.

Heru menegaskan bahwa upaya pengembangan sektor pariwisata khususnya yang berbasis kepulauan tetap masuk dalam skala prioritas. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memperoleh tambahan pendapatan asli daerah (PAD) dari setiap aktivitas kunjungan pariwisata.

Sebagai contoh misalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan seluruh instansi terkait terus melakukan penambahan jumlah dan jenis moda transportasi publik, melakukan perbaikan sarana dan prasarana destinasi pariwisata unggulan lain seperti Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan tak terkecuali di Kepulauan Seribu.

Untuk diketahui, berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta tahun 2022 sektor pariwisata menyumbang setidaknya lebih dari Rp500 miliar dari total pendapatan asli daerah (PAD) senilai Rp5,29 triliun.

"Melalui upaya ini mudah-mudahan (PAD dari sektor pariwisata DKI) bisa naik terus," kata dia.

Sebelumnya, Anggota Komisi B DPRD Bidang Perekonomian DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli menilai penyelenggaraan, KTT AIS Forum 2023 merupakan momentum Pemprov DKI untuk meningkatkan wisata Kepulauan Seribu.

Menurut Taufik, wisata Kepulauan Seribu bisa menjadi penyumbang pemasukan terbesar Jakarta jika dikelola dengan baik. Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa wisata Kepulauan Seribu juga bisa menjadi salah satu motor pendapat daerah jika kelak Jakarta tidak lagi berstatus ibu kota.

Baca juga: KTT AIS berpotensi bawa perbaikan kualitas ekosistem pesisir & laut

Baca juga: Jalan baru optimalisasi potensi mangrove Jakarta melalui ekonomi biru

Baca juga: Pemprov DKI yakin KTT AIS pacu pengembangan UMKM di Kepulauan Seribu

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetya
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023