hanya dua universitas bagian Timur yang masuk dalam 15 PTN terbaik tersebut, yaitu Universitas Hasanuddin dan Universitas Mataram.
Mataram (ANTARA) - Universitas Mataram (Unram) di Provinsi Nusa Tenggara Barat masuk dalam 15 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik se-Indonesia tahun 2023.

"Unram telah mengukir prestasi yang membanggakan kita semua. Menurut Times Higher Education, Unram berada di urutan 15 PTN terbaik se-Indonesia," Rektor Unram Prof Ir Bambang Hari Kusumo M Agr ST PhD pada pidato wisuda periode September 2023 di Mataram, Selasa.

Menariknya, kata dia, hanya dua universitas bagian Timur yang masuk dalam 15 PTN terbaik tersebut, yaitu Universitas Hasanuddin dan Universitas Mataram.

Hal ini tentunya, kata dia, tidak lepas dari serangkaian prestasi membanggakan yang diraih mahasiswa maupun universitas, terlebih dengan semakin bertambahnya jumlah guru besar yang ada di Unram

"Dari 62 orang di 2021, sekarang sudah mencapai 95 orang guru besar, dan puluhan orang masih mengantri untuk menunggu proses kelulusan," katanya

Selain itu, ia menerangkan upaya Unram untuk terus meningkatkan jumlah mahasiswa internasionalnya dari berbagai negara di seluruh dunia.

"Tidak kurang dari 134 orang mahasiswa internasional datang ke Unram di tahun 2023, yang berasal dari Korea Selatan, Ukraina, Turki, Amerika, Norwegia, Inggris, Australia, Belanda, Perancis, Selandia Baru, Malaysia dan Cina," katanya.

Tak lupa, ia juga menyampaikan peningkatan jumlah mahasiswa luar daerah yang mengikuti program kampus merdeka ke Unram.

"Mahasiswa luar NTB yang datang ke Unram awal hanya 35 orang, sekarang  213 orang dari berbagai PTN hampir seluruh Indonesia," tambahnya.

Karena itu, ia menyampaikan perasaan bangganya terhadap raihan yang telah dicapai oleh Unram hingga saat ini.

"Tentunya semua ini menjadikan kita bangga sebagai civitas akademika dan alumni. Karena itu, jagalah nama baik almamater dimana pun saudara berada dan bertugas," katanya.
Baca juga: Konferensi SEACMD di Unram diikuti ratusan mahasiswa RI dan asing
Baca juga: HI Unram jalin pertukaran mahasiswa di Asia Tenggara dan Eropa Timur 
Baca juga: Mahasiswa Universitas Mataram inovasi Sate Tanjung dalam kemasan

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023