Jayapura (ANTARA) - Prajurit Satgas Batalion Infantri 721/Makkasau membantu padamkan kebakaran honai (rumah tradisional Papua) di kampung Tima, Distrik Balingga, Kabupaten Lanny Jaya, Papua Pegunungan.

Komandan Pos Tima Batalion Infantri 721/Makassau, Letnan Dua Infantri Muhlis, dalam keterangan pers diterima di Jayapura, Rabu, mengatakan, kebakaran yang terjadi Selasa (26/9) menghanguskan rumah atau honai warga.

Baca juga: Satgas Yonif Raider 300/BW bantu terangi honai warga di Sinak

Awalnya warga datang ke pos dan meminta bantuan karena ada kebakaran honai yang berada di dekat pos satgas sehingga prajurit dikerahkan untuk membantu memadamkannya.

20 Prajurit dikerahkan untuk membantu warga memadamkan api dengan menggunakan peralatan yang ada. Api dapat segera dipadamkan sebelum menghanguskan honai milik Deyus Wenda dan tidak ada korban jiwa. "Belum diketahui dengan pasti penyebab kebakaran," kata Muhlis.

Baca juga: Kodam XVII Cenderawasih akan rekrut 1000 prajurit "Bintara Honai"

Wenda menyampaikan terima kasihnya terhadap anggota Pos Tima Satgas Yonif 721/MKS yang telah membantu memadamkan honainya yang terbakar serta menyelamatkan perabot rumah.

"Kinaonak, wa wa wa. Terima kasih Bapak TNI atas bantuannya dengan membantu memadamkan api dan menyelamatkan perabotan kami. Terima kasih atas kepedulian dan bantuan anggota yang bertugas di Pos Tima, semoga Tuhan YME selalu memberkati," kata dia.

Baca juga: Starbucks hadir di Kota Jayapura konsep ruangan rumah adat Papua

Untuk mencapai kampung Tami di Distrik Balingga, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat dari Tiom, ibukota Kabupaten Lanny Jaya.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023