Jakarta (ANTARA) - Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang mengatakan China masih dalam proses negosiasi Pedoman Tata Perilaku (Code of Conduct/CoC) dengan negara-negara tetangga yang berada di sekitar Laut China Selatan.

“Kami masih dalam negosiasi CoC, yang dalam jangka panjang akan bermanfaat bagi kepentingan dalam menjaga stabilitas, perdamaian dan pembangunan di kawasan ini,” kata Lu Kang dalam acara Open House Kedubes China di Jakarta, Rabu.

Lu Kang mengakui bahwa ada beberapa perbedaan tentang Laut China Selatan di antara beberapa negara.

“Namun, jika melihat ke masa lalu, hal tersebut tidak pernah mempengaruhi kerja sama antar negara di kawasan ini untuk fokus pada pembangunan, yang merupakan prioritas masyarakat kita,” kata Lu Kang.

Lu Kang mengatakan bahwa hal tersebut tidak pernah mempengaruhi komitmen antar negara untuk bekerja sama untuk mewujudkan kawasan yang damai dan sejahtera.

“Tentu saja, selalu ada kekuatan yang mencoba mengalihkan perhatian kita dari fokus pembangunan,” tambahnya.

Menurut Lu Kang, pemerintah dan masyarakat yang berada di sekitar kawasan Laut China Selatan yang mengetahui apa yang terbaik untuk kepentingan mereka.

“Yang paling penting, kita bisa bekerja sama untuk menjaga perbedaan. Kita bisa mengaturnya. Jika kita bisa melakukannya untuk saat itu (masa lalu), mengapa sekarang tidak?” ucap Lu Kang.

Baca juga: China ingin bentuk komunitas maritim untuk Laut China Selatan
Baca juga: CoC bukan untuk selesaikan sengketa maritim di Laut China Selatan
Baca juga: ASEAN sepakat tegakkan Konvensi Hukum Laut 1982


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023