Semoga dengan adanya bantuan pupuk tersebut, dapat meningkatkan semangat petani untuk bertani.
Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Barat (Distan Kobar), Kalimantan Tengah dan PT Pupuk Indonesia mendistribusikan pupuk nonsubsidi untuk demonstrasi plot (demplot) percontohan kepada petani penerima.

"Ini merupakan upaya kami dalam meningkatkan semangat para petani untuk bertani," kata Sekretaris Dinas Pertanian Kobar Haryo Prabowo, di Pangkalan Bun, Rabu.

Haryo menjelaskan, distribusi pupuk tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu untuk komoditas tanaman pangan seluas dua hektare dan untuk komoditas hortikultura seluas 1,25 hektare.

"Petani yang menerima pupuk nonsubsidi untuk demplot percontohan komoditas tanaman pangan ini sebanyak 4 orang masing masing luas lahan 0,5 hektare, sedangkan untuk petani komoditi hortikultura sebanyak 5 orang dengan luas masing masing 0,25 hektar,e" ujarnya pula.

Dia mengatakan, demplot adalah metode penyuluhan langsung kepada petani dengan membuat lahan percontohan.

Haryo menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Pupuk Indonesia wilayah Kalteng yang telah bersedia memberikan bantuan pupuk nonsubsidi tersebut kepada petani.

"Semoga dengan adanya bantuan pupuk tersebut, dapat meningkatkan semangat petani untuk bertani," ujarnya lagi.

Haryo berpesan kepada PPL pendamping untuk terus mendampingi serta membina para petani, agar produktivitas dan hasil pertanian, penggunaan pupuk secara tepat dan berimbang, sehingga hasil panen lebih maksimal.

Account Executive PT Pupuk Indonesia Wilayah Kalteng Tengah Fajar Ismail mengungkapkan, penyerahan ini sejalan dengan misi perusahaan PT Pupuk Indonesia.

"Perusahaan memiliki misi menyediakan produk nutrisi tanaman yang kompetitif dan solusi pertanian sesuai dengan kebutuhan konsumen, melalui ekosistem pertanian yang berkelanjutan di seluruh wilayah Indonesia," katanya pula.

Fajar berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian, dan supaya petani semakin mencintai produk pupuk BUMN.

"Dengan adanya sinergi antara Pupuk Indonesia dengan Dinas pertanian Kobar lewat program demplot dan fasilitas uji lab tanah kepada petani di Kobar, semoga produktivitas pertanian semakin meningkat dan petani semakin mencintai produk pupuk BUMN," kata Fajar Ismail lagi.
Baca juga: Pupuk Indonesia sediakan NPK Petro Ningrat untuk petani tembakau
Baca juga: PT Pupuk Indonesia apresiasi polisi ungkap 25 ton pupuk bersubsidi

Pewarta: Rendhik Andika/Safitri RA
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023