Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diberitakan Kantor Berita ANTARA pada Rabu (27/9), mulai dari Hendry Ch Bangun terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat hingga Revisi Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) akhirnya dibahas pada rapat kerja pengambilan keputusan tingkat I.

Berikut berita bidang politik yang dirangkum ANTARA.

1. Hendry Ch Bangun jadi Ketua Umum PWI Pusat periode 2023-2028

Hendry Ch Bangun terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) periode 2023-2028, setelah meraih suara terbanyak dalam Kongres XXV PWI di Bandung, Jawa Barat, Rabu dini hari.

Pada pendaftaran calon ketua umum, mencuat tiga nama yang lolos sebagai calon setelah melalui proses penjaringan oleh pimpinan sidang yakni Atal Sembiring Depari, Hendry Ch Bangun, dan Zulmansyah Sakedang.

Selengkapnya di sini.

2. RUU ASN masuk tahap pengambilan keputusan tingkat I

Revisi Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) akhirnya dibahas pada rapat kerja pengambilan keputusan tingkat I antara pemerintah dengan DPR.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas memaparkan tujuh agenda transformasi dalam RUU ASN di hadapan Komisi II DPR.

Selengkapnya di sini.

3. Sembilan anggota DPR RI terima MKD Awards 2023

Sembilan anggota DPR RI dari perwakilan masing-masing fraksi menerima penghargaan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dalam ajang MKD Awards 2023.

"MKD Awards adalah ajang apresiasi etis bagi para anggota DPR RI, yang mampu mengimplementasikan kebaikan lembaga yang diukur dari sejauh mana perubahan terjadi di masyarakat," kata Ketua MKD Adang Daradjatun di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini.

4. Airlangga: Dukungan untuk Prabowo sudah diputus dan ada instruksi

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan dukungan suara Golkar untuk bakal calon presiden Prabowo Subianto sudah diputuskan dan telah menjadi instruksi bagi seluruh kader.

"Suara presiden (capres, red) sudah diputus, sudah ada instruksi," kata Airlangga Hartarto di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, menjawab pertanyaan wartawan terkait kabar suara Golkar yang belum bulat mendukung Prabowo.

Selengkapnya di sini.

5. Luhut dimintai pendapat dan bahas peta politik saat bertemu Puan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengaku dirinya dimintai pendapat dalam pertemuannya dengan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani.

Luhut menyebut Puan Maharani meminta pendapatnya dalam pertemuan keduanya pada Minggu (24/9) malam.

"Kita bicara banyak ya, bagaimana peta (politik) semua ini dan beliau minta beberapa pendapat-pendapat saya, ya saya berikan," kata Luhut saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023