Kalau berbeda ya berbeda tapi saya berusaha untuk menghormati Rizal
Jakarta (ANTARA) -
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengaku menghormati sosok mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli, kendati keduanya sering berbeda pendapat.
 
"Kalau berbeda ya berbeda tapi saya berusaha untuk menghormati Rizal. Dalam banyak hal ada di sana sini beda tapi saya kira itu hidup," kata Luhut saat ditemui di rumah duka Rizal Ramli, Jakarta Selatan pada Rabu.
 
Dia berpesan untuk menjaga kerukunan dalam menjalani hidup meskipun banyak perbedaan antara satu sama lain.
 
"Kita hidup di sini semua, ya biar guyub juga. Jadi ada beda sana sini ga perlu musuhan," ujar Luhut.
 
Di mata Luhut, Rizal Ramli merupakan sosok teman baik dan memiliki banyak pengalaman berkesan dengan mendiang Rizal selama masih hidup. Dia juga mengaku berhubungan baik dengan istri dan anak Rizal.
 
"Wah banyak sekali (pengalaman berkesan dengan Rizal), dulu Rizal sekolah di Boston juga. Saya juga dengan anak dengan istrinya, Hera (Herawati Moelyono), juga baik. Saya dengan Rizal sangat dekat sebenarnya," kata Luhut.
 
Diketahui, Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa, 2 Januari 2024, pukul 19.30 WIB, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.
 
Jenazah Rizal Ramli tiba di rumah duka pada Rabu dini hari, pukul 00.52 WIB, menggunakan mobil ambulans dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.
 
Sementara itu, di sekitar rumah duka masih dipenuhi para pelayat dan pihak keluarga. Puluhan karangan bunga dari tokoh publik maupun tokoh politik juga berjejer di sekitar rumah duka.
 
Selanjutnya, jenazah Rizal Ramli akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (4/1).
 
"Besok dimakamkan di TPU Jeruk Purut, bersama (satu liang) dengan almarhumah istri beliau," kata tim komunikasi sekaligus perwakilan keluarga Rizal Ramli, Yosef Sampurna Nggarang saat ditemui pada kesempatan yang sama.

Baca juga: Kemenko Marves sampaikan duka cita atas meninggalnya Rizal Ramli
Baca juga: Rizal Ramli capai banyak prestasi
Baca juga: Luhut minta polisi tindak tegas kecelakaan kerja di ITSS Morowali

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024