Peningkatan jalan Essang-Rainis ini masuk dalam paket proyek kontrak tahun jamak 2022-2024,
Manado (ANTARA) -
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Utara memperbaiki jalan tanah Essang-Rainis di Kabupaten Kepulauan Talaud, sepanjang 23,4 kilometer.

"Peningkatan jalan Essang-Rainis ini masuk dalam paket proyek kontrak tahun jamak 2022-2024," kata Kepala BPJN Sulawesi Utara, Hendro Satrio MK di Manado, Jumat.

Dari panjang jalan paket Essang-Rainis 23,4 kilometer tersebut, yang telah diaspal sepanjang tujuh kilometer, kelas A sudah sembilan kilometer dan pasangan batu sepanjang delapan kilometer.

"Kami menargetkan paket proyek tersebut bisa selesai pada akhir 2024, kita terus berupaya maksimal mengerjakannya," kata Hendro.

Baca juga: BPJN Sulut: Percepatan penyelesaian MORR III bergantung lahan

Selain mengerjakan jalan, BPJN Sulut juga melakukan penggantian lima jembatan kayu di paket proyek tersebut, selain itu di kabupaten tersebut juga ada penggantian jembatan Panding dan lainnya sebanyak enam jembatan, serta pembangunan jembatan Ambia.

"Jadi bila ditotal ada sebanyak 12 jembatan yang kami tangani di Kabupaten Kepulauan Talaud," ujarnya.

Hendro mengatakan, total anggaran yang digelontorkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk penanganan paket peningkatan jalan Essang-Rainis sebesar Rp204 miliar.

"Peningkatan jalan Essang-Rainis termasuk  penanganan penggantian lima jembatan kami targetkan selesai sesuai jadwal, bisa terkejar," ujarnya.

Baca juga: BPJN Sulut bangun akses masuk Bendungan Lolak sepanjang 11,5 kilometer

Dia optimistis, pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Talaud tersebut akan mendorong perekonomian daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023