LOS ANGELES, 16 Mei 2013 (ANTARA/PRNewswire) -- Pada tanggal 8 Mei 2013, Dr. Rongxiang Xu, pendiri "ilmu pengetahuan restorasi regeneratif tubuh manusia" dan seorang ilmuwan medis dan kehidupan terkemuka, yang yakin bahwa hanya dialah orang yang telah mendapatkan hak paten dari teknologi regenerasi langsung organ rusak, telah mengajukan gugatan terhadap Dr. Shinya Yamanaka, salah satu pemenang Nobel 2012 dalam bidang Fisiologi atau Medis pada Pengadilan Tinggi California, wilayah San Fransisco. Gugatan tersebut, di antaranya, berisi tuduhan kecurangan yang dilakukan oleh Dr. Shinya Yamanaka.


     Menurut kuasa hukum Dr. Xu, gugatan sebelumnya yang diajukan oleh Dr. Xu terhadap Majelis Nobel pada tanggal 3 Desember 2012, yang menuntut Majelis Nobel untuk mengklarifikasi beberapa pernyataan terkait penganugerahan Nobel 2012 dalam bidang Fisiologi atau Medis, sayangnya hingga saat ini, belum ada tanggapan pengklarifikasian tentang kebenaran ilmu pengetahuan tersebut karena kasus ini masih dalam penundaan. Oleh karena itu, Dr. Xu telah secara langsung mengajukan gugatan lain terhadap Dr. Yamanaka atas tuduhan adanya praktik kecurangan yang dilakukan oleh Dr. Yamanaka. 

     Kuasa hukum Dr. Xu menyatakan bahwa pernyataan-pernyataan Dr. Yamanaka terkait kajian sel transgenik artifisial, yang dia sebut sebagai "induksi sel somatik kedalam sel induk", yang mana sudah terlebih dahulu dipatenkan oleh Dr. Xu, telah mengakibatkan berbagai kerugian substansial bagi reputasi dan perusahaannya. Dr. Xu mengklaim bahwa Dr. Yamanaka telah "memanfaatkan" sejumlah professional handal untuk melakukan berbagai eksplorasi dan riset ilmu kehidupan. Namun, Dr. Xu yakin kalau Dr. Yamanaka telah menipu para profesional tersebut. Sebagai contoh, bahkan pemerintah Amerika Serikat telah diperdaya oleh berbagai sensasi Dr. Yamanaka. Hal ini terbukti pada saat pidato kebangsaan tahun 2008 menyebutkan akan memberi bantuan untuk membangun kembali program  sel kulit orang dewasa agar dapat menjadi seperti sel induk embrionik. Dr. Xu yakin ratusan juta uang dari pembayar pajak telah terbuang percuma untuk mendanai ilmu pengetahuan sepalsu itu.      

     Majelis Nobel menganugerahi Penghargaan Fisiologi atau Medis tahun 2012 untuk Dr. Yamanaka, sebuah pengakuan terhadap sel transgenik regeneratif artifisial. Mengingat hal ini bisa sangat mengancam kehidupan manusia di masa yang akan datang, Dr. Xu berusaha keras untuk menghentikan tindak penipuan ini melalui proses hukum.   

     Dr. Yamanaka melabeli sel artifisialnya yang diproduksi oleh transfer onkogen sebagai "induksi sel somatik ke dalam sel induk pluripoten", dengan kata lain ia mengklaim studi sel transgenik artifisialnya atas nama teknologi penggugat (Dr.Xu) yang telah berpaten dan menyingkatnya sebagai iPSC, yang langsung didukung dan diikuti oleh sebuah kelompok ilmuwan bergengsi yang berharap untuk dapat menyelesaikan permasalahan studi sel induk embrionik.

     Istilah yang dipakai oleh Dr. Yamanaka ini merupakan inti hak paten milik Dr. Xu, seperti US Patent 6991813, dan Dr. Xu menduga kalau studi Dr. Yamanaka sama sekali tidak ada hubungannya dengan sel induk. Pada artikelnya di majalah Cell Stem Cell pada tahun 2012, Dr. Yamanaka mengakui bahwa ia tidak mendapatkan sel induk pluripoten alami melalui induksi sel somatik. Menurut Dr. Xu, sangat penting sekali mempertanyakan mengapa penipuan ilmiah yang menggelikan seperti itu dapat berjaya di seluruh dunia selama beberapa tahun terakhir ini. 

     Induksi sel somatik manusia ke dalam sel induk pluripoten merupakan konten inti dari "regenerasi organ-organ rusak" Dr. Xu yang telah berpaten dan juga telah dibuktikan pada aplikasi klinis. Namun, teknologi yang dapat melakukan "regenerasi organ-organ rusak" ini telah dihalang-halangi dari publikasi umum karena adanya penipuan lmiah oleh Dr. Yamanaka, sehingga merampas kesempatan puluhan ribu pasien untuk mendapatkan akses kesembuhan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi inovatif.

     Rute ilmiah "mengembangkan obat-obatan untuk meregenerasi organ-organ rusak" ini telah termasuk dalam salah satu topik fokus utama bangsa, dan juga telah diutarakan oleh presiden Obama pada Pidato Kebangsaan 2013-nya, dimana ia menyatakan, "Jika kita ingin menciptakan produk terbaik, kita pun harus berinvestasi pada ide-ide yang terbaik. Tiap dolar yang kita investasikan terhadap gen manusia memberikan laba sebesar 140 dolar bagi ekonomi kita. Tiap dolar. Hari ini, pari ilmuwan kita tengah bereksplorasi dan meneliti jauh ke dalam pikiran manusia untuk membuka jawaban bagi Alzheimer. Kita mengembangkan obat-obatan untuk meregenerasi organ-organ rusak, merancang materi-materi baru untuk menciptakan senjata yang 10 kali lebih kuat. Saat ini bukanlah saat yang tepat untuk menghentikan investasi pembuka lapangan pekerjaan pada bidang ilmu pengetahuan dan inovasi. Saat ini merupakan waktu untuk mencapai tingkat riset dan pengembangan lebih tinggi lagi. Kita perlu untuk berinvestasi dalam hal tersebut." 

     Dr. Xu berterima kasih kepada pengakuan administratif Obama atas betapa pentingnya regenerasi organ ini, dan juga Dr. Xu merasa berbagai permasalahan ini memiliki hikmah tersendiri bagi rakyat Amerika Serikat dan orang di seluruh dunia. 

     Silakan hubungi Jane Westgate 336.608.4439 atau Cheryl Riley 703.683.1798. Pihak penggugat diwakili oleh
Ardent Law Group di California.

     Sumber:  Mebo International; Ardent Law Group

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013