Upaya keduniaan telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Palembang dan sekarang upaya lain dengan terus berdoa kepada Allah SWT
Palembang (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengajak seluruh jamaah di sebanyak 1.990 masjid yang ada di kota ini untuk melaksanakan shalat Istisqa guna memohon turun hujan.
 
"Kami pelopori seluruh jamaah di 1.990 masjid agar melaksanakan shalat Istisqa dengan harapan bisa bermunajat kepada Allah subhanahu wa ta' ala (SWT) agar turun hujan," kata Pj Wali Kota Palembang, Ratu Dewa usai melaksanakan shalat Istisqa di halaman Sekretariat Daerah Kota Palembang, Sabtu (30/9).
 
Ia menjelaskan pelaksanaan shalat tersebut dilakukan karena Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Kota Palembang sedang berada dalam  kondisi yang tidak sehat. Kemudian juga curah hujan yang telah lama tidak turun.
 
Menurut dia segala upaya keduniaan telah disiapkan seperti melakukan arahan kepada para pejabat organisasi perangkat daerah (OPD), termasuk para camat untuk siaga berada di tempat guna memantau apabila ada titik api di wilayahnya.
 
Disebutkan selain titik api pembakar lahan, tentu ada faktor lain yang menyebabkan itu semua. Tim penanggulangan bencana juga diminta benar-benar siaga di tempat dan semua armada telah dikerahkan dan dikoordinasi juga dengan perusahaan seperti Pusri dan Pertamina.
 
"Upaya keduniaan telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Palembang dan sekarang upaya lain dengan terus berdoa kepada Allah SWT," katanya.
 
Ia berharap kabut asap akibat karhutla segera berakhir dan masyarakat bisa beraktivitas tanpa takut terganggu masalah penyakit pernapasan atau lainya.
 
Ia juga menghimbau kepada masyarakat Palembang untuk sementara agar mengurangi aktivitas di luar rumah dan selalu menggunakan masker apabila harus beraktivitas di luar rumah.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi berbagai jenis penyakit gangguan pernapasan diakibatkan kabut asap karhutla, demikian Ratu Dewa.

Baca juga: Ribuan warga Sumsel kembali shalat minta hujan
 
Baca juga: Komunitas Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II gelar Shalat Istisqa

Baca juga: Gubernur Sumsel intruksikan pejabat dan PNS jajarannya Shalat Istisqa

Baca juga: Polda Sumsel gelar salat minta hujan atasi karhutla 

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023