Prinsipnya adalah tak kenal maka tak sayang, itulah yang terjadi dengan Papua dan pemerintah Indonesia, maka rakyat Papualah yang harus memperkenalkan daerahnya kepada masyarakat di Jakarta,"
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi II DPR RI Agustina Basikbasik mengatakan rakyat Papua harus memperkenalkan Papua kepada masyarakat Indonesia agar terjalin keterikatan antara Papua dan Indonesia.

"Prinsipnya adalah tak kenal maka tak sayang, itulah yang terjadi dengan Papua dan pemerintah Indonesia, maka rakyat Papualah yang harus memperkenalkan daerahnya kepada masyarakat di Jakarta," ujar Agustina Basikbasik dalam acara 50 Tahun Papua Dalam Indonesia Suatu Refleksi dan Renungan Suci di Jakarta, Rabu.

Agustina mengatakan, orang Papua harus menjadi dirinya sendiri di manapun mereka berada, dan tidak tergoda dengan masukan negatif dari pihak luar, sehingga dapat mempertahankan jati diri sebagai orang Papua.

"Jangan lagi ada nasi di meja makan, tapi papeda, ikan kuah kuning, itulah jati diri orang Papua," kata Agustina.

Untuk para kepala daerah di Papua, lanjut Agustina, sebaiknya mengutamakan pertemuan dinas di Papua, tidak lagi terbang ke Jakarta, agar para pejabat negara mengenal daerah dan potensi alam di Papua.

Pada peringatan 50 tahun integrasi Papua dan Indonesia, Agustina meminta kepada rakyat Papua agar tidak melihat kenangan buruk masa lalu dengan Indonesia yang dianggap gagal membangun bumi cendrawasih.

Namun, Agustina berharap kedua belah pihak dapat memandang masa depan untuk mewujudkan harapan-harapan yang kemungkinan besar bisa diwujudkan melalui komunikasi bersama.
(S038/R010)

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013