Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat menempati peringkat 10 nasional atau naik delapan peringkat dari penilaian sebelumnya berdasarkan pemeringkatan Times Higher Education (THE) World University Ranking (WUR) untuk tahun 2024.

  "Ke depannya kita harus terus fokus pada peningkatan kualitas terutama kualitas internal, Universitas Andalas harus lebih dikenal lagi lewat prestasi mahasiswa dan kiprah para dosennya," kata Rektor Unand di Padang, Selasa.

  Selain itu, termasuk pula peningkatan keahlian tenaga pendidik di lingkungan kampus. Rektor menyakini apabila semua upaya tersebut dilakukan secara konsisten, maka cita-cita menjadikan Unand sebagai perguruan tinggi kelas dunia atau world class university dapat terwujud.

  "Insyaallah mimpi kita untuk menjadi world class university bisa tercapai," kata Prof Yuliandri.

  Rektor Yuliandri menegaskan bahwa rekognisi (pengakuan) internasional yang diraih perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa tersebut merupakan hasil dari komitmen, dan dedikasi dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi.


Baca juga: Unand kukuhkan tiga guru besar dari fakultas berbeda

Baca juga: Unand libatkan dosen Ehime University wujudkan kampus kelas dunia

  Senada dengan itu, Ketua task force Universitas Andalas Dr Muhammad Makky mengatakan terdapat peningkatan pada indikator penilaian industry income dari 43,4 persen (tahun 2023) menjadi 67,6 persen (tahun 2024).

  Menurutnya, ada perbedaan penilaian antara THE WUR 2023 dan 2024 dimana pada 2023 komponen penilaian industry income terdiri dari industry income to academic staff saja.

  "Sementara itu, untuk tahun 2024 penilaian industry income berubah menjadi industry yang terdiri dari dua komponen penilaian yakni industry income dan paten.

  Lebih lanjut, jika dilihat komponen penilaian THE WUR untuk tahun 2024, industry income Unand mengalami peningkatan yang signifikan. Namun, jika dicermati, ada sedikit perbedaan penilaian antara tahun 2023 dan 2024.

  Pada tahun 2023 komponen penilaian industry income hanya merujuk pada industry income to academic staff dengan nilai 43,4 persen. Secara general pun nilai industry income Unand adalah 43,4 persen.

  Sementara itu, untuk tahun 2024 komponen penilaian industry income diubah menjadi industry. Lalu, industry ini dibagi lagi menjadi dua komponen yakni industry income dan paten.

  "Nilai industry income Unand di tahun 2024 adalah 67.6 persen. Artinya, ada peningkatan sebesar 24.2 persen dari tahun 2023 untuk industry income ini," jelasnya.

  Sebanyak 10 perguruan tinggi hasil pemeringkatan THE WUR 2024 ialah Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, Binus University, Universitas Gadjah Mada.

  Berikutnya IPB University, Universitas Sebelas Maret, Universitas Syiah Kuala, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan terakhir Universitas Andalas.

Baca juga: Unand tegaskan jadi perguruan tinggi fokus pengembangan riset

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023