Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat dalam rangka menyambut Hari Jadi Ke-72 Humas Polri.

Kepala Bidang Humas Polda NTB, Komisaris Besar Polisi Arman A Syarifuddin, di Mataram, Rabu, mengatakan, lokasi penyaluran bantuan air bersih kali ini berada di Desa Ubung, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah.

"Jadi, penyaluran bantuan air bersih ini merupakan cara kami menyambut Hari Jadi Humas Polri tahun ini sekaligus sebagai salah satu implementasi program prioritas Kapolri yaitu Polri Presisi," kata dia.

Baca juga: DivHumas Polri sumbang 100 kantong darah ke PMI

Ia bilang, mereka memilih Desa Ubung sebagai lokasi penyaluran berdasarkan hasil pemetaan wilayah terdampak kekeringan di NTB. "Karena Desa Ubung tercatat sebagai salah satu wilayah terdampak kekeringan dan kesulitan dalam mengakses air bersih, maka dari itu kami dari tim humas memilih Desa Ubung sebagai lokasi penyaluran," ujarnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung hari ini, Humas Polda NTB menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat dengan mendapatkan dukungan dari Direktorat Samapta Polda NTB, Direktorat Binmas Polda NTB, dan Polsek Jonggat.

Baca juga: Polri seleksi umur dan kesehatan personel pengamanan Pemilu 2024

"Dengan adanya dukungan lintas direktorat, kami berhasil menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 12.000 liter," ucap dia.

Melalui kegiatan ini, dia berharap dapat membantu meringankan permasalahan di tengah masyarakat menghadapi prediksi kemarau panjang hingga akhir tahun 2023 tersebut. "Tentu, kita ketahui bersama kebutuhan air bersih di tengah kemarau ini sangat dibutuhkan karena dapat berdampak pada gangguan kesehatan dan keamanan," katanya.

Baca juga: Polri kerahkan 434.197 personel di Operasi Mantap Brata amankan pemilu

Ia pun mengimbau masyarakat yang berada di wilayah terdampak kekeringan untuk bisa menjaga situasi agar tetap kondusif.

"Kami mengimbau kepada warga untuk tetap sabar, jangan mudah terprovokasi, terus berdoa dan melaksanakan salat Istisqa memohon kepada Allah SWT untuk berkenan memberi hujan dan berkomunikasi, koordinasi dengan instansi terkait," ujar dia.

Dalam menyambut Hari Jadi Ke-72 Humas Polri yang jatuh pada 30 Oktober 2023, Polda NTB merangkai sejumlah kegiatan sosial yang menyentuh langsung ke masyarakat. Selain penyaluran air bersih, polisi juga melaksanakan kegiatan donor darah dan penanaman pohon bakau.

Baca juga: Propam Polri asistensi kasus tewasnya Walpri Kapolda Kaltara 

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023