Kendari (ANTARA) - Personel Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan bantuan air bersih untuk warga yang terdampak kekeringan di Desa Morame, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sultra.

Komandan Batalyon (Dan Yon) A Pelopor Sat Brimob Polda Sultra Kompol Ketut Arya Wijanarka saat dihubungi Minggu, mengatakan bahwa penyaluran tersebut dilakukan dengan menggunakan satu unit mobil water canon milik Brimob Polda Sultra.

"Menggunakan satu unit mobil water canon dan dipimpin langsung oleh Pasi Ops Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Sultra Ipda Mohammad Noor," kata Arya.

Baca juga: Brimob Polda Sultra salurkan ribuan liter air bersih di Soropia. Dia menyebutkan bahwa penyaluran air bersih itu langsung disambut oleh para warga. Penyaluran air bersih dilakukan secara langsung ke rumah-rumah warga dengan mengisi baskom dan ember milik mereka.

“Anggota kami menyalurkan air bersih dari rumah ke rumah warga di Desa Morame, Kecamatan Konda. Personel menggunakan water canon kemudian mengisi baskom dan ember milik warga setempat,” ujar Arya.

Arya Wijanarka menjelaskan bahwa penyaluran air bersih tersebut juga merupakan bentuk kepedulian Brimob Polda Sultra atas kondisi warga yang saat ini mengalami dampak kekeringan dari kemarau panjang akibat fenomena El Nino.

Baca juga: Polda Sultra beri fasilitas air bersih warga Puday Kendari

“Kami mendapat informasi bahwa warga di Desa Morame ini sedang dilanda krisis air bersih dampak kekeringan. Oleh karena itu, kami langsung bergerak cepat menuju lokasi membawakan air bersih untuk membantu warga,” kata Arya.

Arya juga mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen selalu siap untuk membantu warga yang membutuhkan air bersih pada kondisi kemarau panjang saat ini.

“Kami selalu siap, silakan informasikan kepada kami jika ada warga yang membutuhkan air bersih untuk kebutuhannya di rumah,” kata dia.

Baca juga: Polisi salurkan kebutuhan air bersih ke daerah terdampak kekeringan

Sebelumnya, Sat Brimob Polda Sultra juga melakukan penyaluran air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe dan di Kecamatan Wawo, Kabupaten Kolaka Utara.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023