ziarah makam ini juga bagian rangkaian HUT TNI Ke-78
Banda Aceh (ANTARA) - Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya melaksanakan doa bersama di sela-sela Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Banda Aceh.

"Kegiatan ziarah nasional dan dirangkai doa bersama ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 78 Tentara Nasional Indonesia juga dilaksanakan secara serentak," kata Kapendam IM Kolonel Inf Irhamni Zainal di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan kegiatan ziarah tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran TNI dari Sabang sampai dengan Merauke untuk mendoakan dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang dan rela mengorbankan jiwa dan raganya demi Kemerdekaan Indonesia.

Upacara ziarah dan tabur bunga dalam Rangka HUT Ke 78 TNI tahun 2023 dipimpin langsung Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya.

Menurut dia kegiatan tersebut diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga oleh Inspektur Upacara dan doa bersama dilanjutkan dengan tabur bunga.

Baca juga: Pj Gubernur Babel: Tabur bunga HUT RI ajang promosikan pariwisata
Baca juga: Kanwil Kemenkumham DKI tabur bunga di TMP Kalibata


Ia menambahkan kegiatan yang rutin digelar setiap tahun tersebut juga bagian mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan.

"Kegiatan ziarah makam ini juga bagian rangkaian HUT TNI Ke-78 tahun 2023 yang akan berlangsung pada 5 Oktober 2023," katanya.

Adapun rangkaian HUT Ke-78 TNI tahun 2023 diantaranya kegiatan bakti kesehatan meliputi donor darah, pengobatan massal, khitanan massal dan operasi katarak pada tanggal 24 September 2023 lalu.

Kemudian Kodam Iskandar Muda menggelar doa bersama sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Babul Mawaddah Makodam IM.

Selanjutnya pada 5 Oktober 2023, upacara HUT Ke-78 TNI akan berlangsung, dengan acara Parade, defile pasukan, defile Alutsista, joyride dan Panggung Prajurit.

Kegiatan peringatan HUT Ke-78 TNI ditutup dengan "Sanggamara Award" (Malam Anugerah Prajurit Terbaik Kodam Iskandar Muda) di Lapangan Sanggamara Makodam IM.

Baca juga: Bamsoet ikuti upacara tabur bunga kenang prajurit KRI Nanggala-402
Baca juga: Listyo Sigit: Nilai perjuangan pahlawan jadi motivasi Polri
Baca juga: Kapolda: Ziarah dan tabur bunga di laut untuk mengenang jasa pahlawan


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023