Jakarta (ANTARA) - Inspektur Jenderal Kementerian Agama Faisal Ali Hasyim mengatakan penguatan kapabilitas Satuan Pengawasan Internal (SPI) merupakan salah satu langkah strategis dalam menjaga akuntabilitas Kementerian Agama.

"Tujuan penguatan kapabilitas Satuan Pengawasan Internal (SPI) di Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) yaitu agar SPI mampu menjadi early warning dan menjadi mitra strategis terpercaya dalam menjaga akuntabilitas di Kementerian Agama," ujar Faisal dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Pernyataan Faisal tersebut disampaikan saat memberi pembekalan pada Tim Itjen yang akan melakukan pemetaan di tujuh kampus PTKN yang menjadi pilot project penguatan SPI.

Faisal mengatakan Inspektorat Jenderal Kemenag mulai melaksanakan langkah pertama program penguatan SPI. Pada tahap awal, tim Itjen melaksanakan pemetaan yang diagendakan sejak tanggal 1 sampai 8 Oktober mendatang.   

"Hasil pemetaan ini nantinya diharapkan dapat digunakan sebagai bahan penyusunan strategi penguatan kapabilitas SPI," kata dia.

Menurutnya, salah satu rekomendasi Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) Tahun 2022 lalu adalah melakukan penguatan kapabilitas SPI, sebagai salah satu upaya mewujudkan good university governance.

Untuk itu, kata dia, SPI diharapkan menjadi garda terdepan dalam mendorong tata kelola yang baik, pengelolaan risiko, dan menjadi penerapan sistem pengendalian intern yang memadai.

"SPI juga diharapkan dapat menjadi mata telinga bagi pimpinan PTKN, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi. Serta, menjadi center of excellence dalam pembangunan integritas di kampus," katanya.

Penguatan SPI ini disambut baik oleh para rektor PTKN yang dijadikan pilot project program penguatan kapabilitas SPI.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang Nyanyu Khadijah mengatakan peran kuat SPI akan berdampak pada kualitas dan pelayanan perguruan tinggi.

"Kualitas perguruan tinggi dan proses pelayanan publik berjalan maksimal akan terwujud dengan memberikan peran dan fungsi kuat kepada SPI," kata dia.

Adapun tujuh PTKN yang menjadi pilot project penguatan kapabilitas SPI yakni UIN Imam Bonjol Padang, UIN Raden Fatah Palembang, IAIN Kota Metro Lampung, IAIN Ponorogo Jawa Timur, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, UIN Alauddin Makassar, dan UIN Mataram Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Irjen Kemenag: Inspektorat Jenderal mitra strategis satuan kerja

Baca juga: Irjen Kemenag: Transformasi digital demi cegah korupsi

Baca juga: Itjen Kemenag minta SPI jadi auditor internal PTKN


 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023