Jakarta (ANTARA) - Rumah Harapan Indonesia (RHI), rumah singgah untuk anak dari keluarga tidak mampu yang sedang menjalani pengobatan penyakit berat tidak menular, memilih menggunakan air mineral dengan kemasan bebas BPA (Bisphenol A).

Pendiri RHI, Valencia Mieke Randa mengatakan, anak-anak yang dirawat di RHI memiliki sensitivitas dan juga rentan mengalami penurunan daya tubuh, sehingga apa pun yang dikonsumsi harus diperhatikan.

“Merupakan tanggung jawab kami untuk memastikan kesemuanya (yang dikonsumsi) ini memenuhi standar kesehatan dan keamanan, termasuk air mineral,” ujar Valencia melalui keterangan tertulis, Kamis.

Baca juga: Manfaat air murni bagi tubuh

Valencia mengatakan kemasan bebas BPA sangat penting, khususnya bagi anak-anak penderita kanker. Jika BPA masuk ke tubuh manusia, hormon endokrin seseorang akan terganggu.

Dampak selanjutnya adalah rusaknya keseimbangan produksi, fungsi sekresi, transportasi, kerja, dan pembuangan hormon alami pada tubuh. Tanpa kemasan khusus, zat BPA bisa meresap pada makanan atau minuman pada wadah tersebut.

Di sisi lain, Valencia menyebut banyak anak-anak di RHI yang merasa mual dan muntah ketika mengonsumsi obat. Menurut dia, minum air mineral berkualitas efektif mengurangi rasa mual tersebut sehingga membantu penyembuhan anak-anak. Tidak hanya itu, kebutuhan cairan tubuh anak-anak pun terpenuhi.

Baca juga: Pentingnya kualitas air mineral bagi Taufik Hidayat

Valencia mengungkapkan merek air mineral yang digunakan di RHI adalah Le Minerale. Dia pun berterima kasih karena produk tersebut menyediakan pilihan air mineral yang dibutuhkan anak-anak dalam perawatan.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Le Minerale yang memastikan kemasannya aman, bebas BPA. Inilah yang sangat kami butuhkan,” pungkas Valencia.

Baca juga: Masyarakat diminta tidak terkecoh klaim air dengan kandungan alkali
 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023