Sungailiat (ANTARA) -


Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melalui dinas terkait memberikan pelayanan vaksinasi rabies gratis untuk anjing milik warga.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Krisnaningsih di Sungailiat, Kamis, mengatakan layanan vaksinasi rabies gratis untuk anjing peliharaan guna mengurangi risiko penularan penyakit rabies kepada manusia.

Baca juga: Pemkot Jambi layani vaksinasi hewan gratis cegah penyebaran rabies

"Layanan vaksinasi rabies gratis merupakan program tahunan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia dengan kuota layanan sebanyak 50 anjing. Tahun sebelumnya vaksinasi rabies gratis difokuskan untuk kucing peliharaan warga," kata dia.

Jika kuota vaksinasi rabies untuk 50 anjing tersebut tidak terpenuhi, menurut dia, dapat dialihkan untuk kucing dan kera peliharaan warga.

Ia mengatakan warga yang ingin mendatangkan anjing dari luar Pulau Bangka harus dilengkapi dokumen yang menyatakan hewan tersebut sehat dan bebas rabies.

Baca juga: Pemkab Sintang gencarkan vaksinasi hewan peliharaan cegah rabies

"Bagi warga yang mendatangkan hewan seperti anjing dari luar Pulau Bangka harus dilengkapi dokumen pernyataan hewan sehat atau bebas rabies," katanya.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Syarli mengatakan bahwa wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dinyatakan nihil kasus rabies sehingga kondisi ini harus benar-benar dijaga.

"Peran aktif masyarakat dalam menjaga agar aman rabies atau penyakit menular yang lain penting dilakukan mengingat lintas hewan terbilang cukup marak," katanya.

Baca juga: Pemkot Pekalongan berikan vaksinasi rabies gratis

Syarli berharap melalui pemberian vaksin rabies tersebut tidak ada kasus penyebaran rabies di masyarakat dan wilayah ini tetap terjaga sebagai daerah yang nihil kasus rabies.
 

Pewarta: Kasmono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023