Magetan (ANTARA) - Asisten I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan Benny Adrian meminta Duta GenRe (Generasi Berencana) Magetan tahun 2023 yang baru terpilih agar terlibat dalam pencegahan kasus stunting di wilayah setempat, sehingga terwujud Magetan yang bebas stunting.

"Duta GenRe memiliki peran penting untuk menyebarkan semangat serta informasi tentang pencegahan stunting kepada masyarakat, utamanya warga dan kalangan anak muda Magetan," ujar Benny saat Grand Final Duta Generasi Berencana Kabupaten Magetan 2023 di Aula SMAN 1 Magetan, Jawa Timur, Minggu.

Menurut dia, kegiatan yang digelar rutin setiap tahun tersebut bertujuan untuk menyaring putra-putri terbaik Magetan, guna turut serta membantu pemerintah melakukan sosialisasi pentingnya peran keluarga pada sebuah perkawinan, termasuk dalam mencegah stunting.

Baca juga: DP2KB Mataram bentuk Duta Genre penggerak turunkan stunting

"Duta GenRe merupakan upaya promosi dan sosialisasi Program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana). Adapun tahun ini tema yang diangkat adalah 'Remaja Keren Penuh Aksi Cegah Stunting'," katanya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB dan PPA) Kabupaten Magetan Furiana Kartini mengatakan pemenang Duta GenRe Magetan Tahun 2023 akan dikirim ke tingkat Provinsi Jawa Timur untuk mewakili Kabupaten Magetan.

"Nanti akan kita kirim ke provinsi untuk mengikuti duta genre tingkat provinsi. Tahun kemarin Magetan mendapatkan juara tiga, semoga tahun ini bisa lebih baik lagi," kata Furiana.

Duta GenRe Magetan tahun 2023 diraih oleh Rhevangga Wahyu Aji dan Shafira Mayluna Abidin yang akan memegang estafet Duta GenRe Kabupaten Magetan menuju tingkat Provinsi Jatim.

Baca juga: BKKBN kukuhkan Duta Generasi Berencana tekan stunting di Natuna

Selanjutnya juara 2 diraih oleh Bisma Ama Desta dan Syabrina Najah Habsy, juara 3 diraih oleh Naufal Haidas Farras dan Tria Ellisya Tantri,

Adapun kategori juara duta terfavorit diraih Nesha Oktavia Rahmadani. Duta influencer diraih Andreas Galang Pramana, dan Duta inspirator diraih oleh Tatag Galih Cahyoko. Kesembilan finalis tersebut terpilih dari total 14 peserta yang masuk tahap final.

Grand Final Duta GenRe Magetan tahun 2023 dihadiri oleh perwakilan Asisten I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan Benny Adrian, Bunda GenRe, camat se-Kabupaten Magetan serta undangan lainnya.

Acara Grand Final Apresiasi Duta Generasi Berencana tahun ini ditandai dengan penampilan opening dance oleh 14 insan GenRe Kabupaten Magetan.

Baca juga: Cegah stunting di Batam, BKKBN kukuhkan duta genre

Dalam ajang tersebut, para peserta beradu talenta, pengetahuan, kemampuan public speaking, komunikasi, dan wawasan lainnya.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023