"Kita pastikan jika Pemkot Makassar segera akan menandatangani NPHD itu dalam mensukseskan tahapan Pemilu 2024,'
Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendorong agar penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dalam mensukseskan tahapan Pemilu 2024 secepatnya dilakukan.

"Kita pastikan jika Pemkot Makassar segera akan menandatangani NPHD itu dalam mensukseskan tahapan Pemilu 2024,' ujarnya di Makassar, Rabu.

Danny -- sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan anggarannya cukup besar sehingga pasti ada asistensi dan konsultasi dari provinsi terlebih dahulu.

Ia menyatakan jika merujuk tata cara keuangan mesti ada asistensi dari pemerintah provinsi, sebelum penandatanganan NPHD tersebut.

"Kita menunggu asistensi. Tidak lama kok tergantung teman-teman di provinsi kalau lebih cepat, maka penandatangan juga cepat," katanya.

Danny menegaskan, dirinya belum tahu persis berapa jumlah anggarannya. Apalagi timnya masih menunggu pembahasan pokok sebentar lagi.

"Tetapi NPHD itu tidak ada masalah bagi kita. Intinya prosedur keuangan harus dilakukan, asistensi, konsultasi," terangnya.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengatakan Rakor ini meneguhkan bahwa Forkopimda se-Sulsel sudah siap menggelar dan mengawal sukses Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Hal itu ditandai dengan kesiapan anggaran. Olehnya, ia mendorong seluruh kabupaten/kota bulan ini sudah melakukan penandatanganan NPHD.

"Insyaallah seluruh Sulsel bulan ini seluruhnya sudah tanda tangan NPHD. Saya percaya Pemkot/kabupaten di Sulsel teguh menyelesaikan itu. Cuma hal teknis penganggaran saja yang dibicarakan. Prinsipnya tidak ada persoalan semuanya bisa dibicarakan karena kami menganut falsafah sipakatau, sipakalebbi, sipakainge," ucapnya.

Ia pun memastikan seluruh penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada di daerah ini berjalan aman, sukses dan lancar. Pun, partisipasi publik yang didorong lebih banyak.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023