Hong Kong, (ANTARA/PRNewswire)- Hari ini, Manulife dan Kiva mengumumkan kemitraan untuk memberikan dorongan pendanaan kepada pengusaha mikro dan masyarakat yang kurang terlayani secara global dengan fokus terkonsentrasi di Kamboja, Indonesia, Filipina, dan Vietnam melalui investasi sebesar USD$1 juta selama tiga tahun. Melalui komitmen ini, Kiva akan dapat meningkatkan volume pengusaha yang mereka bantu dengan pinjaman pembiayaan mikro di pasar negara berkembang di Asia dan seluruh dunia.

Kesenjangan dalam sistem keuangan saat ini telah menghalangi lebih dari 1,4 miliar orang di seluruh dunia untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi diri dan keluarga mereka. Kemitraan Manulife dan Kiva memiliki posisi yang unik untuk menjembatani kesenjangan ini dan akan berfokus untuk membuat solusi keuangan yang lebih mudah diakses oleh pemilik usaha kecil dan individu-individu yang terpinggirkan melalui dua inisiatif utama:

Meningkatkan kapasitas pinjaman yang berfokus di Asia untuk membantu Kiva meningkatkan mitra pemberi pinjaman di Kamboja, Indonesia, Filipina, dan Vietnam, serta menyediakan pembiayaan bagi mereka untuk meningkatkan kapasitas pendanaan pinjaman bagi calon pengusaha mikro.
Mendanai pinjaman bagi pengusaha mikro di Asia dan seluruh dunia. Ini adalah solusi yang berdampak besar untuk memberikan pendanaan fleksibel kepada pemilik usaha kecil melalui insentif dana pendamping perusahaan atau kredit Kiva.
Sebagai bagian dari kemitraan ini, Manulife Match Fund akan dimanfaatkan untuk menyediakan modal bagi pengusaha mikro dan komunitas yang kurang terlayani di platform urun dana Kiva. Menjadikan hal ini sebagai cara yang mudah untuk mendistribusikan dana dengan cepat dan membuka peluang bagi individu dan komunitas yang tidak memiliki akses tradisional ke layanan keuangan. Setelah pinjaman dilunasi, dana akan kembali ke Manulife Match Fund dan akan disalurkan kepada pengusaha mikro baru. Sebagai dana bergulir, Manulife Match Fund bersama Kiva dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan total pendanaan yang tersedia dan mempercepat kecepatan pendanaan pinjaman bagi para wirausahawan.

Kolaborasi ini juga akan memberdayakan Kiva untuk melakukan studi data yang ramping dan memublikasikan wawasan yang berharga tentang hasil yang diperoleh peminjam, yang selanjutnya akan memperkuat basis pengetahuan untuk inklusi keuangan dan memastikan Kiva untuk terus membantu para mitra pemberi pinjaman guna mendapatkan hasil yang paling bermanfaat bagi klien mereka.

Komitmen terbaru dari Manulife ini selaras dengan salah satu area fokus utama yang penting dalam Agenda Dampak Manulife, yang bertujuan untuk mendorong peluang ekonomi yang inklusif guna menciptakan lapangan bermain yang lebih merata bagi semua. Melalui kemitraan dengan Kiva, Manulife akan membantu mempercepat mobilitas ke atas bagi kelompok-kelompok yang kurang terwakili dan membuat solusi keuangan menjadi lebih mudah diakses.

Sarah Chapman, Global Chief Sustainability Officer Manulife, mengatakan: "Kami bangga dengan kemitraan kami bersama Kiva, yang akan membantu para wirausahawan membuka sumber daya keuangan yang mereka butuhkan untuk membangun perusahaan yang berkembang dan mengubah komunitas mereka. Komitmen ini menggarisbawahi kekuatan keuangan gabungan dalam membantu kami menjangkau individu dan komunitas yang kurang terlayani di pasar-pasar utama di Asia. Seiring dengan berjalannya kemitraan ini, kami berharap dapat lebih melibatkan nasabah, agen, kolega, dan seluruh pemangku kepentingan melalui kampanye aktivasi lokal yang inspiratif di seluruh wilayah."

Kemitraan ini akan diluncurkan dalam tiga tahap selama tiga tahun ke depan, dengan kampanye aktivasi lokal yang menyasar pasar, sektor, dan tujuan yang berbeda yang sesuai dengan pelanggan, karyawan, agen Manulife, dan jaringan pemberi pinjaman Kiva. Perincian aktivasi lokal akan diumumkan pada bulan-bulan ke depan saat diluncurkan di masing-masing pasar. 

Vishal Ghotge, CEO Kiva, berkomentar: "Kiva sangat senang dapat bermitra dengan Manulife untuk memperluas pekerjaan kami dalam menciptakan dunia yang inklusif secara finansial, di mana semua orang memiliki kekuatan untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Model dari Kiva ini memberikan kebebasan kepada individu dan membawa perubahan sistemik melalui langkah-langkah terkecil, baik bagi mitra seperti Manulife yang ingin membawa perubahan, maupun bagi wirausahawan yang membutuhkan akses keuangan untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Merupakan suatu kehormatan untuk bekerja sama dengan Manulife dalam mewujudkan visi bersama bagi masa depan keuangan yang lebih adil."

Kiva didirikan pada tahun 2005 sebagai pelopor penggalangan dana yang menghubungkan pemberi pinjaman individual kepada pengusaha dan komunitas di seluruh dunia. Lebih dari dua juta orang telah menginvestasikan $2 miliar untuk mimpi dan peluang nyata, yang mencakup lebih dari 90 negara dan 4,7 juta peminjam. Melalui Kiva, Manulife mendanai beberapa pinjaman kepada pengusaha dan peminjam di Asia, termasuk Ny. Luật dan Ny. Siti, untuk menciptakan atau mengembangkan peluang.

Studi kasus 1: Mendukung perempuan dari komunitas etnis minoritas di pedesaan Vietnam 1 

Ny. Luật adalah seorang wanita 54 tahun dari kelompok etnis minoritas yang tinggal di distrik Ngoc Lac, sebuah daerah pedesaan terpencil di Vietnam. Keluarganya sangat bergantung pada bidang pertanian untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Mereka menanam padi dan tanaman industri untuk produksi kayu, serta beternak unggas dan babi. Dia dan suaminya memikul tanggung jawab untuk menafkahi keluarga mereka dan mengatasi tantangan yang muncul karena lokasi mereka yang terpencil, dengan kondisi kehidupan yang buruk, juga akses yang terbatas terhadap sumber daya, kebutuhan dasar, serta perawatan kesehatan, dan berinvestasi di lahan pertanian mereka.

Menyadari potensi keberlanjutan pertanian, dia mengambil keputusan berani untuk mengambil pinjaman kedua sebesar USD$2,125 dari Thanh Hoa Microfinance Institution, mitra pemberi pinjaman Kiva, untuk membeli pupuk dan membayar tenaga kerja tambahan untuk tanaman industri mereka, demi penjualan kayu di masa depan. Dengan berinvestasi di lahan pertanian mereka, Luật dapat meningkatkan hasil panen keluarganya dan menuai pendapatan yang lebih stabil.

Studi kasus 2: Memperluas penjualan barang kebutuhan pokok di Indonesia 2 

Ny. Siti adalah seorang wanita berusia 42 tahun yang tinggal di Indonesia bersama suami dan ketiga anaknya. Siti telah menjalankan usaha kecil dengan menjual air selama lebih dari 10 tahun, tetapi penghasilannya nyaris tidak cukup untuk membeli lebih banyak persediaan guna mengembangkan usaha.

Dengan harapan dapat meningkatkan kondisi kehidupan keluarganya dan menciptakan kehidupan yang sehat bagi anak-anak dan komunitasnya, Siti mengambil pinjaman sebesar USD$675 dari Benteng Mikro Indonesia (BMI), mitra pemberi pinjaman Kiva, untuk mengembangkan usaha dengan membeli lebih banyak air untuk dijual. Dengan melakukannya, pinjaman ini akan membantu menstimulasi kegiatan usaha dan menyediakan barang-barang kebutuhan pokok bagi masyarakat yang kurang mampu, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup keluarga Siti dan komunitas mereka.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kemitraan Manulife dan Kiva, kunjungi www.kiva.org/manulifematchfund. 

_____________________________________

1

Silakan kunjungi situs web Kiva untuk detail lebih lanjut tentang studi kasus ini: https://www.kiva.org/lend/2625553

2

Silakan kunjungi situs web Kiva untuk detail lebih lanjut tentang studi kasus ini: https://www.kiva.org/lend/2641943

Tentang Manulife

Manulife Financial Corporation adalah penyedia layanan keuangan internasional terkemuka, yang membantu orang-orang membuat keputusan lebih mudah dan hidup lebih baik. Dengan kantor pusat global kami berada di Toronto, Kanada, kami menyediakan nasihat finansial dan asuransi, beroperasi sebagai Manulife di seluruh Kanada, Asia, serta Eropa, dan utamanya sebagai John Hancock di Amerika Serikat. Melalui Manulife Investment Management, merek global untuk segmen Global Wealth dan Manajemen Aset, kami melayani perorangan, institusi, dan anggota program pensiun di seluruh dunia. Pada akhir tahun 2022, kami memiliki lebih dari 40.000 karyawan, lebih dari 116.000 agen, dan ribuan mitra distribusi, melayani lebih dari 34 juta pelanggan. Kami diperdagangkan sebagai 'MFC' di bursa efek Toronto, New York, dan Filipina dan menggunakan '945' di Hong Kong.

Tidak semua penawaran tersedia di semua yurisdiksi. Untuk mendapat informasi tambahan, kunjungilah manulife.com.

Tentang Kiva

Kiva adalah organisasi nirlaba global yang didirikan pada tahun 2005 dengan tujuan untuk memperluas akses keuangan dan membantu komunitas yang kurang terlayani untuk berkembang. Kiva membuka modal bagi para peminjam melalui pinjaman penggalangan dana yang didukung oleh individu-individu di seluruh dunia. Kiva bermitra dengan berbagai bisnis dan organisasi untuk memberikan dampak yang lebih besar bagi masyarakat di seluruh dunia, satu pinjaman dalam satu waktu. Bersama Kiva, Anda dapat menciptakan dunia yang inklusif secara finansial, di mana semua orang memiliki kekuatan untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Lebih dari dua juta orang telah menginvestasikan $2 miliar untuk mimpi dan peluang nyata, yang mencakup lebih dari 90 negara dan 5 juta peminjam.


Narahubung media: Carl Wong, +852 2510 3180, carl_kk_wong@manulifeam.com

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023