Jakarta (ANTARA) - PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), perusahaan manajer investasi di Indonesia, meraih dua penghargaan, yaitu Best Fund House dan Best Bond Manager dalam ajang 2024 Best of the Best Award.

Kedua penghargaan tersebut dianugerahkan oleh Asia Asset Management, perusahaan publikasi terkemuka di Asia yang berbasis di Hong Kong.

Pada kategori Best Fund House, MAMI menerima penghargaan itu untuk yang kelima kalinya selama lima tahun berturut-turut.

"Kami percaya untuk menjadi perusahaan manajer investasi yang sustainable, kami harus selalu mengutamakan kepentingan seluruh pemangku kepentingan, termasuk menjaga kepercayaan para investor guna memiliki basis investor yang kuat dan terus bertumbuh. Kepercayaan setiap investor, baik investor individu maupun institusi sangat berharga bagi MAMI," kata CEO & President Director MAMI Afifa dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Afifa mengatakan MAMI akan terus melanjutkan komitmen untuk menyediakan solusi investasi yang sesuai dengan kebutuhan investor yang semakin beragam dan meningkat serta memberikan layanan terbaik.

"Kepercayaan dari investor telah mengantarkan kami untuk menerima dua penghargaan prestisius ini sekaligus membuktikan keunggulan MAMI sebagai manajer investasi terbaik dan terpercaya di Indonesia," katanya.

Ia juga memastikan MAMI akan terus berinovasi dan mengikuti perkembangan terkini. Menurutnya, MAMI menjadi pelopor pada sejumlah inovasi di pasar modal Indonesia seperti menghadirkan reksa dana multi-share class pertama yang sangat bermanfaat bagi industri manajer investasi di Indonesia, baik dari segi waktu dan biaya.

"Selain itu, MAMI juga menjadi manajer investasi pertama yang menyediakan platform pembukaan rekening dan transaksi reksa dana secara fully online serta meluncurkan reksa dana syariah pertama di Indonesia yang berinvestasi di efek luar negeri (offshore)," ucap Afifa.

Sementara itu, Founder and Publisher Asia Asset Management Tan Lee Hock mengatakan MAMI terus menunjukkan keahlian dan keunggulannya di industri reksa dana Indonesia.

"MAMI meraih dua penghargaan pada tahun ini dan kami menghargai kerja keras MAMI atas pencapaian yang mereka lakukan untuk kepentingan para investor dan pemangku kepentingan perusahaan," kata dia.

Adapun, per akhir 2023, MAMI memiliki total dana kelolaan sebesar Rp101,6 triliun sehingga menjadikan MAMI sebagai perusahaan manajer investasi terbesar di Indonesia. Saat ini, MAMI mengelola 36 reksa dana dan 57 kontrak pengelolaan dana (KPD) yang ditawarkan melalui tiga jalur distribusi pemasaran, yaitu institutional sales, partnership distribution, dan direct retail distribution.

MAMI menyebut jalur distribusi yang kuat dan aktivitas edukasi finansial yang dilakukan berbuah pertumbuhan investor hingga mencapai 2,3 juta investor yang mempercayakan pengelolaan dananya pada MAMI. Jumlah itu setara dengan 20 persen total investor reksa dana di Indonesia yang mencapai 11,4 juta investor (data Kustodian Sentral Efek Indonesia/KSEI, per Desember 2023).

MAMI sebelumnya dinobatkan sebagai Best Fund House oleh Asia Asset Management dalam lima tahun beruntun, yaitu 2020, 2021, 2022, 2023, dan 2024. Untuk kategori Best Bond Manager, ini merupakan kali pertama bagi MAMI dalam mendapatkan penghargaan tersebut.

Adapun pada 2023 lalu, MAMI juga dinobatkan sebagai Best Islamic Fund House.

"Beragam pengakuan ini menjadi penyemangat bagi MAMI untuk senantiasa meningkatkan kualitas layanan dan solusi investasi demi tercapainya tujuan keuangan para investor," ujar Afifa.

Baca juga: MAMI ingatkan tiga risiko di tengah optimisme pasar obligasi
Baca juga: MAMI: Pemangkasan suku bunga akan beri iklim kondusif pasar keuangan
Baca juga: Manulife Masuk Peringkat Global 100 Corporate Knights Tahun 2024

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024