Kami mengimbau kepada warga masyarakat agar lebih berhati-hati dalam penggunaan api, jangan membuang sisa atau puntung rokok di pinggir jalan karena dapat menyebabkan kebakaran
Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan, memadamkan tiga titik lokasi kebakaran lahan di wilayah tersebut pada Sabtu (14/10).
 

Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, di saat dihubungi dari Pesisir Barat, Sabtu, membenarkan bahwa pihaknya telah memadamkan api di tiga titik lokasi kebakaran lahan di wilayah tersebut.
  "Hari ini tim damkar Lampung Selatan telah berhasil memadamkan api di Desa Hatta Kecamatan Bakauheni, Pemadaman Kebakaran Lahan di area tol KM 106 Kecamatan Tegineneng, peristiwa terjadi pada pukul 13.30 WIB Pos Damkar Natar," kata dia.

  Damkarmat Lampung Selatan juga berhasil memadamkan api di Desa Kedaton Kecamatan Kalianda, peristiwa tersebut terjadi pada pukul 17.05 WIB.

  Ia mengatakan, pihaknya sempat kesulitan mengatasi kebakaran lahan tersebut, karena kondisi di lokasi kejadian terdapat angin kencang serta rumput yang sudah kering mengakibatkan mudah terbakar.

  Hingga berita ini dibuat, belum ada penjelasan berapa luas lahan yang mengalami kebakaran tersebut.

  Atas kejadian tersebut, Rully mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama kemarau di wilayah tersebut.

  Ia mengatakan kesadaran masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kewaspadaan dalam membuka lahan pertanian. Pihaknya juga mengimbau kepada warga yang melintas di jalan yang berpotensi kebakaran, agar tidak membuang puntung rokok karena dapat memicu terjadinya kebakaran.

  "Kami mengimbau kepada warga masyarakat agar lebih berhati-hati dalam penggunaan api, jangan membuang sisa atau puntung rokok di pinggir jalan karena dapat menyebabkan kebakaran," tambahnya.

  Hingga saat ini kabupaten Lampung Selatan masih sering terjadi peristiwa kebakaran lahan, dimana penyebab utamanya adalah kelalaian dari manusia tersebut yang sering membuang pentung rokok dan membakar lahan.

Baca juga: Kebakaran lahan di Jalan Lintas Sumatera berhasil dipadamkan

Baca juga: Damkar Lampung Selatan tangani 122 kebakaran lahan

Baca juga: Damkar Lampung Selatan salurkan 3,795 juta liter air untuk warga

 

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023