Melalui program Desa Berdaya ini diharapkan mampu mendorong masyarakat Desa Sialang untuk tumbuh.
Medan (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara melalui program PLN Peduli kembali hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan bantuan berupa pelatihan, pengembangan, dan pemberdayaan di Desa Sialang, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

"Merasa senang dan bahagia karena dapat turut andil dalam memajukan lingkungan sekitar khususnya masyarakat Desa Sialang," kata Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Lubuk Pakam Hiro Pingkir Pardede, dalam keteterangannya, Sabtu (14/10).

Hiro menyebutkan PLN sangat senang bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat. Dengan adanya program desa berdaya ini semoga bisa meningkatkan kesejahteraan warga, dan perekonomian juga semakin meningkat.

Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang diberikan oleh PLN UID Sumut pada program Desa Berdaya PLN di Desa Sialang.

Pemerintah juga mengharapkan agar warga dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan penghasilan yang tetap.

"Kita mengetahui bahwa perwujudan kesejahteraan sosial menjadi tanggung jawab semua elemen. Kegiatan yang dilakukan oleh PLN ini merupakan wujud nyata implementasi perusahaan bagi kelangsungan hidup masyarakat," katanya.

Ashari mengucapkan terima kasih atas bantuan program yang diberikan semoga akan berlanjut dan merambah ke desa-desa lainnya.

"Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dan PLN berharap dalam lima tahun ke depan, program ini bisa sukses dan menghasilkan desa wisata bagi Desa Sialang, sehingga tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud dan berhasil," kata Bupati Deli Serdang.

Program Desa Berdaya PLN di Desa Sialang merupakan salah satu program dari PLN Peduli yang dilaksanakan oleh PLN UID Sumut dengan Baitulmaal Muamalat (BMM) sebagai pendamping pelaksanaan program.

Pemberdayaan ditujukan untuk memperkuat perekonomian Desa Sialang dengan pengembangan ekonomi kreatif, lingkungan asri, pendidikan inovatif dan produktif dalam rangka mempertegas legalisasi status desa mandiri dengan mengoptimalkan potensi dan sumber daya yang Desa.

Bantuan Desa Berdaya diberikan dalam tiga aspek, yaitu pendidikan, lingkungan, dan ekonomi. Pada aspek lingkungan, bantuan yang telah diberikan berupa pembuatan taman, penanaman pohon, pengembangbiakan/peternakan maggot, pembangunan gudang kompos dan pendirian bank sampah.

Pada aspek ekonomi, bantuan yang telah diberikan berupa pelatihan dan modal usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan, dan peternakan ikan lele. Pada aspek pendidikan, bantuan yang telah diberikan berupa bimbingan belajar bahasa Inggris yang diharapkan dapat menciptakan kampung Inggris, bantuan sarana dan prasarana sekolah serta beasiswa vokasi multimedia.

Di tempat terpisah, General Manajer PLN UID Sumut Awaluddin Hafid mengatakan sebagai bagian dari salah tujuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN yang tertuang dalam SDG’s dalam hal ini pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

PLN berupaya mendorong masyarakat Desa Sialang melalui program Desa Berdaya untuk dapat tumbuh mencapai tujuan kesejahteraan bersama.

"Melalui program Desa Berdaya ini diharapkan mampu mendorong masyarakat Desa Sialang untuk tumbuh, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar," kata Awaluddin.
Baca juga: PLN: Listrik selama WSL Nias Pro 2023 cukup andal 
Baca juga: 8.732 pelanggan PLN Sumut manfaatkan Program Tambah Daya Kemerdekaan

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023