Produktivitas perusahaan yang tinggi akan memberikan kontribusi secara langsung pada pembangunan dan penguatan ekonomi
Jakarta (ANTARA) -
BUMN PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melakukan penguatan digitalisasi di berbagai lini bisnis secara berkelanjutan sebagai upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasi.

SIG juga mengoptimalkan kegiatan operasi dan produksi, dan perubahan model bisnis dalam pengelolaan kegiatan distribusi untuk mengoptimalkan ekosistem logistik SIG.
 
"Produktivitas perusahaan yang tinggi akan memberikan kontribusi secara langsung pada pembangunan dan penguatan ekonomi, khususnya dalam hal ini di Provinsi Jawa Timur," kata Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni dalam keterangan resmi yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.
 
Vita mengatakan SIG melakukan penguatan distribusi dan digitalisasi proses pemasaran, penjualan, dan rantai pasokan.

SIG memanfaatkan platform digital SIG, yaitu SobatBangun, AksesToko, dan Official Store SIG di salah satu e-commerce Indonesia sebagai salah satu strategi penjualan yang efisien dan efektif, menyikapi perubahan perilaku konsumen yang lebih menyukai pembelanjaan dalam jaringan.
 
Melalui teknologi terintegrasi di AksesToko, distributor dan toko retail dapat melihat dan memesan semua produk SIG, membayar dengan berbagai metode pembayaran, dan memperbaharui alamat pengiriman menggunakan satu aplikasi.
 
Selain itu, SIG juga bergerak dalam inovasi transformasi proses bisnis di laboratorium. SIG telah menyediakan Sistem R&D Holding berbasis digital (Web Research & Innovation Center) untuk mengikuti perkembangan era digital 4.0.
 
Sistem tersebut merupakan portal digital yang berisi informasi aktivitas riset dan pengembangan. Portal itu juga menjadi media promosi serta profit center bagi laboratorium riset bersertifikat ISO 17025, dengan memberikan pelayanan berbayar kepada pihak eksternal.
 
Selanjutnya, SIG menerapkan manajemen 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan, Rajin) sebagai bagian dari implementasi tata kelola perusahaan yang baik (G​​​​​ood Corporate Governance) guna mendukung produktivitas kerja serta keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di seluruh area operasional perusahaan.
 
"Selain berdampak pada nihil kecelakaan dalam operasional, hal ini berdampak pada biaya produksi yang dapat dikelola dengan baik di tengah kenaikan biaya secara umum," ujar Vita.
 
Penerapan manajemen 5R dalam perusahaan menjadi pondasi dalam peningkatan mutu dan produktivitas perusahaan untuk terciptanya budaya kerja yang andal, membangun budaya produktif, serta mendorong daya saing perusahaan.
 
Lebih lanjut, ia menuturkan penerapan manajemen 5R di lingkup SIG dicapai melalui penataan dan pemeliharaan wilayah kerja dalam upaya memelihara ketertiban, efisiensi, dan disiplin di operasional kerja sekaligus meningkatkan kinerja perusahaan secara menyeluruh.
 
Dengan konsistensi SIG beserta anak usahanya dalam penerapan manajemen 5R di seluruh aspek operasional perusahaan, baru-baru ini SIG mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
 
Pada ajang 5R Antar Perusahaan di Jawa Timur tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, SIG dan anak usahanya meraih tujuh penghargaan dengan dua di antaranya adalah penghargaan tertinggi dengan medali emas.
 
Tujuh penghargaan yang berhasil diraih adalah medali emas untuk kategori area Lingkungan diberikan kepada SIG Pabrik Tuban, medali emas dengan kategori area Kantor, Produksi dan Workshop untuk PT Cipta Nirmala (Rumah Sakit Semen Gresik), dan medali perak dengan kategori area Kantor untuk PT Varia Usaha Beton.
 
Kemudian, SIG memperoleh medali perunggu dengan kategori area Kantor untuk PT Semen Indonesia Distributor, kategori area Kantor untuk PT Industri Kemasan Semen Gresik, kategori area Produksi untuk PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) Pabrik Tuban, serta kategori area Kantor untuk PT United Tractors Semen Gresik.
 
Menurut Vita, penghargaan tersebut sebagai bukti implementasi manajemen 5R di area operasional SIG berjalan dengan baik.


Baca juga: Semen Indonesia perkuat kemitraan dengan pemilik toko bangunan
Baca juga: SIG dan PLN teken MoU tingkatkan penggunaan energi bersih

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023