Jayapura (ANTARA) - Satgas Pamtas RI-PNG Sektor Utara, Batalion Infantri 122/Tombak Sakti yang berada di bawah Kolakopsrem 172/PWY Pos Koki B Pitewi menyosialisasikan reboisasi kepada siswa SD YPK Pikere, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua.

"Ini merupakan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kelestarian alam bagi yang kami berikan sejak dini bagi siswa SD YPK Pikere," kata Komandan Kompi Tempur B, Kapten Infantri Budi Kristiyanto, dalam siaran pers yang diterima di Jayapura, Papua, Senin.

Baca juga: Yonif 621 Manuntung tuntaskan tugas Pamtas RI-Malaysia

Mereka juga memberikan pengetahuan bagi para siswa terkait pentingnya menjaga kelestarian alam di Papua dengan melakukan penanaman bibit pohon bersama para siswa dan guru di lingkungan sekolah tersebut.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan masyarakat Kampung Pitewi khususnya anak-anak sekolah dasar sehingga lingkungan sekolah lebih asri," katanya.

Baca juga: Satgas Pamtas RI-PNG beri pengobatan gratis warga di Keerom

Ia menjelaskan hal itu dilakukan sesuai yang ditekankan Komandan Satgas, Mayor Infantri Diki Apriyadi, bahwa  tugas pokok Satgas Yonif 122/Tombak Sakti menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG juga mempunyai tugas tambahan yaitu seluruh prajurit melaksanakan kegiatan teritorial yang bersifat membangun, melayani, dan mengayomi masyarakat yang membutuhkan bantuan di tiap-tiap pos masing-masing.

Kepala Sekolah SD YPPK Pitewi, Herlinda, mengatakan, mereka sangat senang atas inisiatif dan kepedulian yang ditunjukkan Satgas Pamtas Statis RI-PNG Batalion Infantri 122/TS dalam penanaman bibit pohon di lingkungan sekolah itu.

Baca juga: Danrem Wira Bhakti lepas keberangkatan Satgas Pamtas RI- Timor Leste

"Kami akan merawat bibit pohin yang ditanam ini sehingga lima tahun ke depan tanaman terus ada di SD YPPK Pikere," katanya.

Hal yang dilakukan Satgas Pamtas RI-PNG itu merupakan kegiatan yang sangat positif dengan mengajarkan anak-anak melestarikan alam sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023