mahasiswa FKG mendapatkan pelayanan maksimal dan proses pembelajaran yang lebih bagus
Semarang (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menargetkan jumlah mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) bisa mencapai 200 orang seiring dengan gedung pembelajaran baru yang dimiliki.

"Alhamdulillah, gedung baru FKG sudah diresmikan. Gedung ini dibiayai sendiri oleh FKG," kata Rektor Unissula Prof Gunarto, usai peresmian Gedung FKG Unissula Semarang, Senin.

Menurut dia, jumlah mahasiswa FKG Unissula terus meningkat dari tahun ke tahun, seperti tahun ini yang sudah mencapai hampir 180 orang, sementara tahun lalu sebanyak 140 mahasiswa.

Dengan gedung baru dan fasilitas yang lebih memadai, ia berharap jumlah mahasiswa FKG Unissula bisa semakin bertambah, apalagi akreditasi unggul yang didapatkan Program S1 dan Profesi FKG.

"Gedung ini memiliki standar daya saing nasional dan internasional, beberapa peralatannya juga menggunakan yang terbaik. Karena itu, mendapatkan akreditasi unggul pada program S1 dan profesi," katanya.

Ia berharap, gedung baru ini bisa menambah kualitas FKG Unissula yang senantiasa unggul sehingga jumlah mahasiswanya sampai 200 orang. "Karena (akreditasi) unggul itu maksimal 200 mahasiswa," katanya.

Baca juga: Unissula Semarang targetkan 6.161 mahasiswa baru tahun depan
Baca juga: Unissula optimistis capai target 100 profesor pada 2027


Saat ini, kata dia, FKG Unissula juga sudah memiliki program magister, dan ke depannya sedang menyiapkan program doktor setelah ada penambahan guru besar.

"Sudah ada satu guru besar. Kalau tambah satu guru besar lagi, kami akan mengajukan program doktor kedokteran gigi," kata Guru Besar Fakultas Hukum Unissula itu.

Sementara itu, Dekan FKG Unissula Dr. drg. Yayun Siti Rochmah, Sp.BM menjelaskan bahwa gedung baru FKG Unissula itu memiliki fasilitas yang lengkap untuk pembelajaran.

"Ada ruang diskusi, ruang laboratorium, dental laboratorium, dental simulator. Harapannya, mahasiswa FKG mendapatkan pelayanan maksimal dan proses pembelajaran yang lebih bagus," katanya.

Bersamaan dengan itu, Yayun menyebutkan bahwa FKG Unissula juga menggelar berbagai pelayanan kesehatan gigi kepada masyarakat secara gratis seiring Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2023.

Selama tiga hari, yakni 16-18 Oktober 2023, FKG Unissula membuka layanan kesehatan gigi gratis, seperti penambalan, pencabutan, dan pembersihan karang gigi, plus perawatan gigi pada anak berkebutuhan khusus, yakni tuna rungu.

Pelayanan masyarakat seiring dengan BKGN 2023 akan diberikan di Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut (RSIGM) Sultan Agung Semarang.

"Untuk BKGN 2023, Alhamdulillah sudah normal ya, seperti sebelum pandemi. Target meningkat, kemarin 750 pasien. Ini target minimal," katanya.

Baca juga: HKGMN, 50 persen populasi dunia miliki masalah kesehatan gigi & mulut
Baca juga: ULM cetak 439 dokter gigi dukung pembangunan kesehatan di Kalimantan
Baca juga: UI-Fakulti Pergigian Malaysia berikan layanan anak berkebutuhan khusus

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023