Karena kalau wisuda jadi dua kali setahun nembus angka 1.800-2.000 wisudawan sekali wisuda, sehingga Jalan Kaligawe depan kampus macet
Semarang (ANTARA) - Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang Jawa Tengah menjadikan prosesi wisuda sebanyak empat kali dalam setahun dari sebelumnya setahun hanya dua kali untuk mencegah kemacetan lalu lintas.

"Sekarang ini, kami melaksanakan wisuda satu tahun ada empat kali," kata Rektor Unissula Prof Gunarto usai memimpin upacara wisuda ke-87 Unissula di Auditorium Unissula Semarang, Sabtu.

Dia menjelaskan, pada wisuda ke-87, Unissula meluluskan sebanyak 544 wisudawan, baik dari diploma 3 (D-3), sarjana, magister, dan doktor dari berbagai program studi yang dimiliki.

"Karena kalau wisuda jadi dua kali setahun nembus angka 1.800-2.000 wisudawan sekali wisuda, sehingga Jalan Kaligawe depan kampus macet," kata Guru Besar Fakultas Hukum Unissula itu.

Dengan jumlah wisudawan yang sangat banyak jika upacara wisuda dilakukan dua kali setahun, katanya, prosesi wisuda juga berlangsung lebih lama hingga pukul 16.00 WIB bersamaan jam pulang kerja.

Namun, jika upacara wisuda dibuat empat kali dalam setahun, maka prosesinya bisa berlangsung lebih cepat, yakni mulai pukul 07.30 WIB dan selesai pukul 10.00 WIB.

"Sehingga jam-jam itu selesai wisuda tidak jam sibuk. Selama ini, wisuda kan selesai jam 4 sore aau 16.00 WIB pas pulang kerja ya," katanya.

Apalagi, Unissula berlokasi tepat di Jalan Kaligawe Semarang yang menjadi jalur utama Surabaya-Jakarta melewati Pantai Utara Jawa Tengah yang selalu padat dengan kendaraan besar.

"Ya, setidaknya Unissula ikut berkontribusi memperlancar arus lalu lintas Jakarta-Surabaya ya, tidak menimbulkan kemacetan. Jadi, mulai tahun depan wisudawan juga lebih nyaman," katanya.

Pada kesempatan itu, Gunarto juga menyebutkan bahwa mahasiswa Unissula juga terus bertumbuh, dan tahun 2023 ini mencapai 7.350 orang yang tercatat paling banyak dari seluruh perguruan tinggi swasta di Jateng.

"Kalau untuk mahasiswa yang berkuliah saat ini seluruhnya ada 19.000 ribu mahasiswa. Tahun depan, kami target lebih banyak lagi," katanya.

Tentang program studi, katanya, saat ini ada 41 prodi di Unissula telah terakreditasi unggul, atau sudah mencapai 80 persennya.

"Di tahun 2027, kami menargetkan seluruh program studi di Unissula menjadi terakreditasi unggul," katanya.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023