Ambon (ANTARA) - Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) melakukan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) dalam rangka persiapan mengantisipasi kericuhan saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Simulasi sispamkota ini untuk memantapkan berbagai persiapan yang sedang kami laksanakan untuk menyukseskan Pemilu 2024,“ kata Kepala Polres SBT, AKBP Agus Joko Nugroho, di Ambon, Maluku, Selasa.

Baca juga: Polres Penajam kerahkan 398 personel amankan pemilu selama 222 hari

Peserta simulasi peragakan Sispamkota terdiri dari satu regu dalmas awal dan tim negisiator, dua peleton Dalmas lanjut, satu platon pasukan PHH Brimob, Kompi B brimob SBT, empat regu Bursi dan Satu regu patroli gabungan TNI-Polri skala besar.

Dalam pelaksanaan simulasi Sispamkota ini diperagakan beberapa tahapan pelaksanaan Pemilu yang dituangkan dalam skenario pengamanan dan didemonstrasikan oleh seluruh personel Polres SBT di bantu personel Brimob, TNI dan instansi terkait.

Baca juga: Polda Sulut gelar pasukan Operasi Mantap Brata dalam pengamanan Pemilu

Ia mengatakan, poin peragaan penting yang diperhatikan dari simulasi ini adalah kerawanan akan terjadinya kericuhan saat Pemilu nanti. Hal ini dapat terlihat dengan kemungkinan adanya aksi unjuk rasa sebagai bentuk ketidak puasaan terhadap hasil Pemilu. “Selain itu, bisa juga karena ketegangan antar masa pendukung pasangan calon yang tidak dapat mengontrol diri saat pengumutan suara di mulai,” ujarnya.

Tidak hanya itu, adapun pengawalan surat dan kotak suara, serta tindakan pengamanan terhadap kantor KPU yang diasumsikan akan diserang oleh masa yang tidak senang akan hasil dari Pemilu itu sendiri.

Baca juga: Polres Bangka Barat laksanakan simulasi pengamanan pemilu

“Kemungkinan terjadinya kerawanan serta cara bertindak personel Polri maupun TNI dalam tahapan Pemilu nanti kita sajikan semua dalam simulasi Sispam kota ini, hal ini sebagai bukti bentuk kesiapan kami dalam menghadapi pengamanan Pemilu serentak 2024,” terangnya.

Ia mengaku, simulasi dalam bentuk sinergitas antara Polri dan TNI telah sepakati dalam nota kesepahaman antara TNI dan Polri nomor : B / 4 /I / 2013 tentang perbantuan TNI Kepada Polri dan pedoman kerja sama antara Polri dan TNI nomor :B/30/VIII/2015 tentang perbantuan TNI kepada POLRI bidang Harkamtibmas dalam rangka pengamanan Pemilu.

Baca juga: Polres Natuna siapkan 140 personel kawal pemilu 2024

Pewarta: Winda Herman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023