Jakarta (ANTARA) - Timnas Argentina mengokohkan diri di puncak klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol setelah menghajar Peru dengan skor 2-0 di Stadion Nacional, Lima, Rabu pagi WIB.

Pada pertandingan ini mega bintang Lionel Messi membawa kemenangan untuk Argentina setelah memborong dua gol, demikian catatan Conmebol.
 
Kini Argentina menempati peringkat pertama klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan torehan 12 poin dari empat pertandingan, sedangkan Peru masih tertahan di posisi kesembilan dengan satu poin.
 
Meski berstatus sebagai tim tamu, Argentina tercatat mampu tampil dominan dengan menorehkan 61 persen penguasaan bola dan melepaskan enam tendangan tepat sasaran.
 
Skuad asuhan Lionel Scaloni langsung mengambil inisiatif menyerang ketika laga dimulai dan sempat memberikan ancaman melalui tendangan Lionel Messi, namun bola masih menyamping dari gawang Peru.
 
Peru yang mengandalkan serangan balik sempat memiliki peluang emas untuk mencuri keunggulan terlebih dahulu, namun Luis Abram yang tinggal berhadapan dengan kiper Argentina Emi Martinez justru melepaskan tendangan menyamping dari gawang.
 
Tim tuan rumah kembali memiliki peluang untuk mencetak gol, kali ini melalui tendangan Paolo Guerrero yang masih melambung di atas mistar gawang Argentina.
 
Argentina sukses mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-32 setelah umpan Nicolas Gonzalez dapat dikonversikan menjadi gol oleh Messi sehingga skor berubah menjadi 1-0.
 
La Pulga berhasil mencatatkan gol keduanya pada pertandingan ini setelah sukses memaksimalkan umpan yang dikirimkan Enzo Fernandez sehingga skor berubah menjadi 2-0 pada menit ke-42. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.
 
Memasuki babak kedua, Argentina tetap tampil dominan dan Messi kembali berhasil membobol gawang Peru pada menit ke-57 sekaligus mencatatkan hat-trick.

Meskipun begitu, gol tersebut dianulir oleh wasit setelah berkonsultasi dengan VAR karena pemain Inter Miami tersebut lebih dulu berada dalam posisi offside.
 
Pada sisa waktu pertandingan Argentina tidak mengendurkan serangan, akan tetapi hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-0 untuk kemenangan Albicelestes tetap bertahan.
 
Baca juga: Brazil telan kekalahan perdana seusai takluk dari Uruguay 0-2

Berikut hasil lengkap Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol, Rabu pagi WIB:
 
Venezuela 3 - 0 Chile
Paraguay 1 - 0 Bolivia
Ekuador 0 - 0 Kolombia
Uruguay 2 - 0 Brazil
Peru 0 - 2 Argentina
 
Berikut klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol:
 
No Negara SG Poin
1 Argentina 7 12
2 Uruguay 3 7
3 Brazil 3 7
4 Venezuela 3 7
5 Kolombia 1 6
6 Ekuador 1 4
7 Paraguay -1 4
8 Chile -3 4
9 Peru -5 1
10 Bolivia -9 0

Baca juga: Indonesia naik ke peringkat 145 dunia usai taklukkan Brunei dua leg
​​​​​​​
Baca juga: Menpora: Presiden ingin Indonesia jadi co-host Piala Dunia 2034

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023