Jakarta (ANTARA) - Tren fashion tahun 80an yang penuh gaya sepertinya tidak menunjukkan tanda melambat dan akan terus menjadi perhatian bahkan pada peragaan busana.
 
Semua orang mengikuti tren ini, yang menampilkan siluet tahun 70-an seperti legging melebar, rok pensil, dan blus lengan panjang dengan leher gulung dan pola geometris.
 
Meskipun terkesan 'jadul', tren ini ternyata masih relevan dari dulu hingga sekarang. Berikut lima tren fesyen retro yang bisa anda miliki untuk koleksi dan isi lemari, dikutip dari Hindustan Times, Rabu.

Baca juga: Modis di rumah saja dengan koleksi retro piknik 1990-an
Ilustrasi rok midi (ANTARA/Pexels/Farzin Yarahmadi)
 
1. Rok panjang midi
Rok melebar sepanjang midi mewakili estetika elegan tahun 1980-an. Karena bahan adalah kuncinya di sini, pilihlah bahan fluid yang nyaman dan ringan. Gaun midi yang panjang membuatnya cocok untuk dikenakan sepanjang tahun. Rok midi bisa dipadukan dengan tank tops bahkan kemeja.
 
2. Celana lebar (wide-leg)
Celana berkaki lebar (wide-leg pants) yang memiliki bukaan kaki lebih lebar, kembali populer dalam beberapa tahun terakhir. Celana ini adalah alternatif nyaman untuk jeans tipis yang bisa dikenakan dalam gaya apa pun, dari formal hingga kasual. Dapat dipadukan dengan tank top dan T-shirt untuk tampilan kasual, atau dengan kemeja untuk tampilan bergaya.

Baca juga: Olahraga nyaman dengan busana warna-warni retro gaya 80-an

3. Kemeja viscose
Kemeja bergaris warna-warni ini mengingatkan kita pada bowling vintage. Kenakan dalam keadaan terkancing atau tidak untuk tampilan lebih santai. Untuk busana malam hari, padukan desain paisley lengan panjang ini dengan celana panjang formal.
Kemeja ini wajib dimiliki untuk koleksi kasual bergaya apa pun, dengan desain dewasa dalam nuansa musim gugur yang lembut. Kemeja berkancing ini sempurna untuk jadi kelengkapan selama musim pesta, tetapi juga cocok dipadukan dengan jeans untuk gaya yang lebih santai.

4. Bell bottom denim
Temukan gaya jeans denim klasik dengan sentuhan modern. Memancarkan nuansa vintage, denim bell-bottom menawarkan keseimbangan ideal antara kenyamanan dan gaya, memberikan daya tarik abadi tanpa kehilangan kesan modern. Dengan sentuhan ringan dan high-rise fit, denim ini akan menampilkan gaya terbaik anda dan menjadi denim pilihan yang baru.

5. Jaket denim klasik
Denim selalu memberikan sentuhan gaya yang tak biasa maupun tampilan klasik yang diambil dari masa lalu. Beralih dari sekadar menjadikannya terlihat lebih kekinian, para otak kreatif di seluruh rantai garmen bersatu untuk membuat denim terlihat kuno dan bernostalgia, seiring dengan kembalinya gaya vintage dan retro ke dalam industri ini.

Baca juga: Dua jenama lokal berkolaborasi lahirkan busana feminin gaya retro

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023