Tentu yang ditampilkan diantaranya aktifitas berkebun serta panen, penataan pekarangan, jenis komoditas, inovasi dalam pemasaran
Tangerang (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang mengadakan lomba video berkebun yang dapat diikuti masyarakat secara gratis sebagai upaya meningkatkan semangat dan minat berkebun.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Muhdorun di Tangerang, Rabu, mengatakan lomba ini mengusung tema ketahanan pangan mandiri perkotaan dalam konteks dampak El Nino dan perubahan lingkungan serta produksi berkelanjutan.

Lomba ini dibuka dengan dua kategori yakni kebun yang memanfaatkan pekarangan rumah dengan luas lahan kurang dari 100 meter persegi dan juga luas lahan lebih dari 100 meter persegi.

Peserta bisa mengirimkan video maksimal durasi lima menit, dengan format landscape atau portrait beresolusi 720 pixel ke link https://s.id/LVB_2023.

Pada masa penilaian video yaitu pada tanggal 30 Oktober hingga 4 November nantinya para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai.

Baca juga: Warga jadikan atap rumah kebun hidroponik, untung jutaan

Para peserta yang ikut serta, kata dia, merupakan warga berdomisili di Kota Tangerang serta pekarangan rumah yang dijadikan berkebun merupakan rumah milik peserta.

Video lomba juga diunggah ke akun Instagram pribadi dan mengkaitkan Instagram @dkp.tangerangkota dengan caption disertai hastag #LombaBerkebunDKP #TangerangAyo #KotaTangerang.

Ia juga menjelaskan video yang dibawakan memiliki karakter, peduli terhadap lingkungan, kreatif, dan senang berkebun. Selain itu, kata dia, ceritanya pun dapat dimodifikasi dengan berbagai literatur yang melatarbelakangi budaya berkebun di Kota Tangerang.

"Tentu yang ditampilkan diantaranya aktifitas berkebun serta panen, penataan pekarangan, jenis komoditas, inovasi dalam pemasaran," katanya.

DKP Kota Tangerang berharap kegiatan ini memberikan semangat kembali kepada masyarakat dalam berkebun serta mau memanfaatkan lahan pekarangan rumah menjadi kebun sayuran.

"Mari kita manfaatkan perkarangan rumah dengan berkebun," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi ajak manfaatkan lahan pekarangan untuk tanam cabai
Baca juga: Mendagri dorong warga bercocok tanam depan pekarangan rumah

 
 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023