Jakarta (ANTARA) - Pekan Olahraga Beladiri Nasional (POBN) bertajuk Indonesia Martial Art Games (IMAG) edisi pertama akan berlangsung di dua kota yaitu Bekasi dan Bogor pada 22-31 Oktober.

"IMAG ini adalah multicabang bela diri pertama yang diselenggarakan oleh KONI Pusat bekerja sama dengan pemerintah Kota Bekasi dan Kota Bogor. Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah Kota Bogor dan Kota Bekasi atas kesediaannya menjadi tuan rumah IMAG yang pertama,” kata Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman dikutip dari keterangan resmi KONI, Kamis. IMAG edisi pertama akan resmi dibuka di Ruang Multazam Asrama Haji Kota Bekasi sedangkan acara penutupan akan dilaksanakan pada 31 Oktober di GOR Pajajaran Kota Bogor.

IMAG edisi perdana ini mempertandingkan beberapa cabang olahraga, antara lain anggar, shorinji kempo, jujitsu, dan hapkido yang akan dipertandingkan di Bekasi.

Sedangkan kickboxing, sambo, gulat, dan wushu akan dipertandingkan di Bogor, serta taekwondo akan dipertandingkan di Cibubur.

Selain itu, IMAG 2023 juga menjadi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.

“Bogor dan Bekasi tidak saja sebagai kota penyangga ibu kota tetapi juga kota yang memberikan dukungan penuh kepada pembinaan olahraga prestasi,” ungkap Marciano.

Baca juga: Petarung daerah siap ramaikan One Pride 73 di Semarang

KONI Pusat mengharapkan dengan terselenggaranya IMAG 2023 dapat memberi pengalaman penyelenggaraan bagi tuan rumahnya dan juga untuk mendorong kemajuan sport tourism tuan rumah penyelenggara demi memberikan kontribusi kepada masyarakat lokal.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat selaku penyelenggara IMAG 2023 juga berencana menggelar kejuaraan nasional untuk cabang olahraga bela diri tersebut secara rutin setiap dua tahun sekali.

Selain itu KONI Pusat juga berkomitmen untuk rutin menggelar ajang serupa untuk kelompok cabang olahraga perairan, indoor, dan remaja.

Baca juga: Sabet empat emas, Indonesia pastikan juara kedua kempo dunia
Baca juga: Tharisa bersyukur mampu persembahkan medali perunggu pada debutnya


 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023