Jaringan telekomunikasi saat ini menjadi sangat penting dan hal ini merupakan tanggung jawab kami agar masyarakat dapat akses internet maupun telepon
Timika (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, melakukan survei ke lokasi pembangunan Base Transceiver Station (BTS) di Distrik Mimika Timur Jauh.

Kepala Dinas Kominfo Mimika Albertus Tsolme melalui rilis kepada ANTARA di Timika, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya melakukan survei guna rencana membangun tower BTS setinggi 72 meter pada 2024 di Kampung Manasari.

"Jaringan telekomunikasi saat ini menjadi sangat penting dan hal ini merupakan tanggung jawab kami agar masyarakat dapat akses internet maupun telepon," katanya.

Menurut Albertus, pihaknya mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat karena telah menantikan adanya akses telekomunikasi di wilayah setempat sejak lama.

"Ada empat lokasi yang disiapkan Kementerian Kominfo untuk dibangun tower telekomunikasi pada 2024," ujarnya.

Dia menjelaskan keempat lokasi tersebut yakni Distrik Mimika Timur Jauh, Agimuga, Jita dan Tembagapura rencananya akan dibangun tower BTS tipe Self Supporting Tower (SST) setinggi 72 meter.

"Rencananya pembangunan tower ini sekali jalan langsung di tiga lokasi yakni di Distrik Mimika Timur Jauh, Agimuga dan Jita

Sementara itu Kepala Distrik Mimika Timur Jauh Yulius Katagame menambahkan infrastruktur dasar telekomunikasi sangat dibutuhkan pada kampung-kampung yang ada di Distrik Mimika Timur Jauh.

"Masyarakat sangat merindukan adanya akses jaringan telekomunikasi sebagai sumber informasi juga memperbaharui informasi," katanya.

Baca juga: Disparbudpora Mimika mengajak masyarakat kunjungi Festival Produk UMKM

Baca juga: Transformasi UMKM Mimika di era digital

Baca juga: Pemkab Mimika siapkan rumah produksi bagi pelaku UMKM komoditas lokal

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023