Jakarta (ANTARA) - Komisi Yudisial (KY) menyampaikan 11 nama calon Hakim Agung dan hakim ad hoc Hak Asasi Manusia (HAM) Mahkamah Agung (MA) ke DPR RI agar dapat dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

“Agar tidak ada jeda waktu yang panjang (antara seleksi dan penetapan hakim), maka secepatnya kami sampaikan hasil seleksi yang baru kami lakukan kemarin,” ujar Ketua KY Amzulian Rifai di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa 11 nama calon hakim tersebut terdiri dari satu calon hakim agung kamar perdata, enam calon hakim agung kamar pidana, satu calon hakim agung kamar tata usaha negara khusus pajak, dan tiga calon hakim ad hoc HAM.

Menurut dia, dalam penyerahan 11 nama calon hakim tersebut, pimpinan KY diterima oleh Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus, anggota Komisi III DPR RI Supriansa dan Sari Yuliati.

Alhamdulillah DPR RI begitu responsif terhadap kami karena memang hal ini harus ditindaklanjuti secepatnya,” ujar Amzulian.

Dia menyatakan bahwa calon-calon hakim yang diusulkan KY kepada DPR tersebut telah memenuhi syarat dan layak.

Sesuai mekanisme DPR RI, ke-11 nama tersebut akan diproses di alat kelengkapan dewan (AKD) terkait untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan.

Sebelumnya, Komisi Yudisial (KY) menggelar wawancara calon hakim agung dan calon hakim ad hoc hak asasi manusia (HAM) di Mahkamah Agung (MA) di Auditorium KY, Jakarta, Senin (16/10).

"Mulai hari ini (16 Oktober 2023) sampai dengan 4 hari ke depan (19 Oktober 2023) akan dilaksanakan wawancara terhadap 15 calon hakim agung dan lima calon hakim ad hoc HAM di MA," kata Ketua KY Amzulian Rifai.

Seleksi pada tahapan wawancara tersebut, kata Amzulian, untuk menggali beberapa aspek, di antaranya adalah kenegarawanan, visi dan misi, kemudian komitmen para calon, integritas, wawasan pengetahuan hukum dan peradilan, serta kompetensi bidang.

Berikut nama calon hakim agung dan ad hoc HAM MA yang diusulkan oleh KY ke DPR.

Calon Hakim Agung Kamar Pidana:
1. Dr. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, S.H., M.Hum.
2. Ainal Mardhiah, S.H., M.H.
3. Noor Edi Yono, S.H., M.H.
4. Sigid Triyono, S.H., M.H.
5. Sutarjo, S.H., M.H.
6. Dr. Yanto, S.H., M.H.

Calon Hakim Agung Kamar Perdata:
1. Agus Subroto, S.H., M.Kn.

Calon Hakim Agung Kamar Tata Usaha Negara khusus pajak:
1. Dr. Ruwaidah Afiyati, S.E., S.H., M.M., M.H., CFrA.

Calon Hakim Ad Hoc Hak Asasi Manusia di MA
1. Dr. Adriano, S.H., M.H.
2. Prof. Dr. Judhariksawan, S.H., M.H.
3. Dr. Manotar Tampubolon, S.H., M.H.

Baca juga: KY jamin 11 calon hakim MA yang diajukan ke DPR penuhi standar

Baca juga: Calon Hakim Agung Agus Subroto komitmen jaga integritas di MA

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023