Sampai saat ini kami sudah menyalurkan sebanyak 479,2 liter BBM jenis Pertamax dan Pertadex
Denpasar (ANTARA) - Pertamina membantu memasok Bahan Bakar Minyak (BBM) gratis untuk memenuhi kebutuhan operasional kendaraan pemadam kebakaran (damkar) dalam mengatasi kebakaran yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung Denpasar, Bali.

"Sampai saat ini kami sudah menyalurkan sebanyak 479,2 liter BBM jenis Pertamax dan Pertadex," kata Manager Komunikasi dan CSR Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, saat dihubungi di Denpasar, Jumat.

Penyaluran bantuan BBM itu telah dilakukan sejak Rabu (18/10) yang dilaksanakan unit penjualan wilayah Bali dan Terminal BBM Sanggaran Denpasar.

Kendaraan operasional untuk penanganan kebakaran itu dapat mengambil BBM di SPBU Pedungan di Jalan By Pass Ngurah Rai, Denpasar, yang lokasinya paling dekat dengan TPA Suwung.

Pemberian bantuan BBM itu dengan estimasi tujuh sampai sembilan hari penanganan kebakaran, katanya. Selain itu pihaknya juga menyalurkan bantuan berupa konsumsi makan siang untuk estimasi lima hari dengan total dua ratus kotak per hari.

Baca juga: BPBD Bali optimalkan dua metode pemadaman TPA Sawung pada hari ketujuh

Pihaknya juga mendirikan posko pengungsian warga di Kelurahan Serangan, Denpasar, bersama kelompok binaan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Serangan.

Lokasi TPA Suwung, kata dia, berdekatan dengan wilayah operasi Terminal BBM Sanggaran, sehingga ikut terdampak peningkatan polusi udara akibat asap yang berpengaruh pada ambien udara di sekitar perusahaan.

Untuk itu pihaknya pun juga memantau area TPA Suwung, karena arah angin dapat berubah dan berpotensi menuju area wilayah operasional perusahaan.

Rata-rata TPA Suwung menerima sekitar 1.100 ton sampah yang diangkut menggunakan 600 truk sampah hilir mudik setiap hari. Untuk sementara waktu, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar memutuskan membuang sampah di TPA Kelating, Tabanan, Bali.

Kebakaran yang melanda TPA Suwung sejak Kamis (12/10) diperkirakan akibat teriknya sinar matahari dan gas metan yang dihasilkan dari tumpukan sampah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Denpasar mendata kebakaran itu melanda hampir separuh dari total 32 hektare luas TPA Suwung Denpasar.

Baca juga: Helikopter BNPB bantu pemadaman kebakaran di TPA Suwung-Bali
Baca juga: BNPB: Ada 14 kejadian kebakaran TPA sampah sepanjang Juni-Oktober 2023

 
 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023