Tangerang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang menargetkan pemadaman kebakaran TPA Rawakucing selesai tiga hingga lima hari ke depan.

"Target pemadaman sampai tiga hingga lima hari ke depan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang di TPA Rawakucing, Senin.

Ia mengatakan saat ini penanganan di TPA Rawakucing dalam kondisi pemadaman sebab masih ada beberapa titik api. Maka itu KLHK dan BNPB membantu dengan menerjunkan tim dengan sistem injeksi. Selain itu ada juga menggunakan helikopter bombing.

Kemudian untuk personil gabungan yang berjumlah 600 orang termasuk TNI dan Polri melakukan pendinginan di beberapa sisi yang sudah berhasil dipadamkan.

Baca juga: BNPB - KLHK terapkan sistem injeksi atasi kebakaran TPA Rawakucing

Baca juga: BPBD catat sejumlah kendaraan terbakar di TPA Rawa Kucing


Pasalnya luas TPA Rawakucing yang terbakar mencapai 10,1 hektar dari total 34 hektar. Kondisi lapangan juga mempengaruhi proses pendinginan dan pemadaman oleh petugas.

"Karena ini sudah masuk dalam bencana daerah maka kita dibantu berbagai pihak. Sebab kasus ini mendapat perhatian nasional karena dekat dengan Bandara Soekarno - Hatta," katanya.

Kebakaran di TPA Rawakucing Kota Tangerang di wilayah Neglasari terjadi pada hari Jumat (20/10) pukul 14.00 WIB diduga akibat cuaca panas. Dugaan sementara, api muncul pertama kali di area landfill pintu satu. Namun karena kencangnya tiupan angin merambat ke tumpukan sampah di pintu dua dan tiga.

Sempat mereda pada Sabtu (21/10) pagi, api kembali membesar siang harinya karena masih banyak api yang berada di dalam tumpukan sampah serta didorong angin kencang.

Baca juga: Api TPA Rawakucing kembali berkobar satu unit mobil terbakar

Baca juga: Warga dievakuasi dampak asap pekat kebakaran TPA Rawakucing

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023