kita lakukan rutin itu, membersihkan saluran
JAKARTA (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menyiagakan sarana dan prasarana pengendali banjir, termasuk 41 stasiun pompa air sebagai persiapan untuk memasuki musim hujan.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Kasudin SDA) Jakarta Selatan Santo di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa semua stasiun pompa berfungsi dengan baik dan siap beroperasi untuk mengantisipasi apabila terjadi banjir.

"Kesiapan saat ini terdapat 41 stasiun pompa, jumlah unitnya terdapat 87 dan kondisinya dalam kondisi baik," katanya saat berdiskusi dengan wartawan bertajuk program antisipasi menghadapi musim hujan 2023.

Ia menegaskan, pihaknya sebelum memasuki musim hujan akan memastiakn semua stasiun pompa dalam dalam kondisi baik. 


Lebih lanjut dia merinci, selain stasiun pompa, Sudin SDA juga menyediakan pompa portabel (mobile) menggunakan truk sebanyak sembilan unit dalam kondisi baik.

Baca juga: DKI revitalisasi sungai dan waduk persiapan musim hujan

Kemudian pompa portabel (mobile) terdapat 14 unit dan satu dalam kondisi perbaikan.

"Sementara untuk pompa apung terdapat 10 unit, saat ini delapan unit dalam kondisi perbaikan. Pompa apung ini penting khusus untuk menangani banjir yang berada di gang-gang kecil," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan langkah preventif lain seperti mengeruk lumpur dan melakukan pemeliharaan berbagai saluran air sehingga dapat menampung dan melancarkan air dalam jumlah yang besar.

"Kalau kami selaku pengendali banjir, kita lakukan rutin itu, membersihkan saluran, mengeruk waduk atau kali," ujarnya.

Dia mengatakan, saat ini petugas di lapangan juga masih melalukan pengerukan di kali Kerukut jalur Kemang XII, Jeruk Purut, dan sampai ke TB Simatupang.

Baca juga: PUPR: Bendungan Ciawi dan Sukamahi siap dioperasikan pada musim hujan

Kemudian jalur kali Ciliwung di wilayah KH Abdul Syafii yang menjadi langganan meluapnya debit air bila terjadi banjir kiriman di wilayah Jakarta Selatan.

"Wilayah pengerukan itu sesuai dengan arahan Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk mengantisipasi banjir," ucapnya.

Pewarta: Erlangga Bregas Prakoso
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023