Jakarta (ANTARA) - Organisasi nirlaba internasional Marine Stewardship Council (MSC) berharap pertemuan pemasok dan pembeli produk seafood pada peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-10 tahun 2023 dapat mendukung perikanan berkelanjutan.

Direktur Program MSC Indonesia Hirmen Sofyanto dalam kegiatan yang bertajuk "Supplier & Buyer Gathering Produk Seafood Berkelanjutan" di Jakarta Pusat, Selasa, menjelaskan, dalam rangka mengoptimalisasikan program pemasaran produk perikanan berkelanjutan Indonesia diperlukan kegiatan yang menunjang pemasaran produk berkelanjutan melalui pertemuan bisnis dan kunjungan media.

MSC mencanangkan pertemuan bisnis yang mempertemukan perusahaan pemasok perikanan berkelanjutan dengan pelaku bisnis hotel, restoran, dan katering (horeka) lokal.

"FGD (Fokus Group Discussion) mengenai sistem ketelusuran nasional yang mendukung keberlanjutan perikanan dan kunjungan media ke lapangan untuk menggaungkan kisah keberhasilan perikanan Indonesia," ujarnya.

Hirmen menerangkan, demi meningkatkan cakupan penyebaran dan manfaat, kegiatan dilakukan dengan kolaborasi bersama Direktorat Pemasaran dan Direktorat Logistik, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP RI yang selaras dengan kampanye nasional Harkannas 2023.

Sementara, Direktur Pemasaran KKP Erwin Dwiyana di tempat yang sama mengungkapkan bahwa sebagai negara maritim dengan kelimpahan sumber daya kelautan dan perikanan, kesadaran terhadap isu keberlanjutan masih menjadi tantangan tersendiri.

Sehingga, kata dia, Harkannas yang diperingati setiap tanggal 21 November menjadi momentum bersama untuk mengingat kembali pentingnya menjaga kelestarian laut sebagai sumber kehidupan.

Pertemuan ini, merupakan tindak lanjut dari “Roundtable Discussion Seafood Berkelanjutan Indonesia” yang digelar oleh Direktorat Pemasaran KKP bersama MSC pada 9 Juni 2023.

"Poin penting dari rumusan tersebut adalah pentingnya dukungan kebijakan pemerintah pusat dan daerah sekaligus pendampingan promosi dan pemasaran produk seafood berkelanjutan," ungkap Erwin.

Ia berharap, pertemuan ini menjadi wadah yang mempertemukan pemasok produk seafood berkelanjutan dan bersertifikat Chain of Custody MSC dengan buyer lokal, khususnya hotel, restoran, dan katering (horeka) serta ritel domestik.

"Pertemuan bertujuan membuka akses pasar domestik untuk produk seafood berkelanjutan bagi konsumen," tuturnya.


Baca juga: KKP-MSC kumpulkan pemasok-pembeli produk seafood di Harkannas 2023

Baca juga: KKP: Harkannas momentum tingkatkan konsumsi ikan

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023