Jakarta (ANTARA) - PT Frisian Flag Indonesia (FFI) telah mengundang 12 peternak muda yang memenangi program Young Progressive Farmer Academy (YPFA) untuk mengikuti pelatihan di Belanda beberapa waktu lalu.

“Kunjungan ke peternakan di Belanda adalah salah satu pendorong semangat yang kami berikan kepada para peternak muda pemenang dalam YPFA 2023. Tujuannya adalah untuk mendapatkan ilmu dan mempelajari praktik peternakan berkelanjutan terbaik di dunia yang telah dijalankan oleh para peternak di Belanda,” ujar Dairy Development and Project FDOV Manager PT Frisian Flag Indonesia, Akhmad Salwadi dalam keterangannya, Rabu.

Akhmad berharap pengalaman ini dapat menjadi penyemangat pemenang untuk meningkatkan pengelolaan peternakan sapi para peserta menjadi lebih baik dan mengembangkannya sehingga tidak hanya jumlah populasi yang bertambah, tapi hasil susu perah semakin berkualitas sehingga pendapatan juga bertambah besar.

Baca juga: Kemenperin: Industri susu hadapi kendala regenerasi peternak

Selama hampir dua pekan, keduabelas peternak muda dibagi dalam tiga kelompok dan tinggal bersama keluarga di tiga peternakan Belanda yang berbeda.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Kementerian Pertanian Tri Melasari yang juga mengunjungi peternakan Belanda menilai bahwa kunjungan ini sangat positif dan memberi perspektif yang lebih luas tentang profesi peternak.

“Peternakan di Belanda sudah sangat maju dan secara optimal memanfaatkan teknologi. Peternak-peternak muda pemenang YPFA dapat mengambil hal-hal positif yang dipelajari di Belanda, menerapkan teknologi yang dapat diterapkan di peternakannya sendiri dan berbagi dengan para peternak lainnya," ujar Tri Melasari.

Peternak sapi perah, menurutnya, adalah profesi penting yang dapat membantu meningkatkan produksi susu dalam negeri untuk kemudian menghasilkan produk-produk yang bergizi bagi masyarakat.

Sebagai perusahaan induk FFI, FrieslandCampina adalah salah satu perusahaan susu terbesar di dunia yang juga merupakan koperasi yang dimiliki oleh belasan ribu peternak di Belanda, Belgia, dan Jerman dengan keahlian peternakan dan pengolahan susu sapi lebih dari 150 tahun.

Baca juga: Belasan peternak muda Indonesia siap studi banding ke Belanda

Misi FrieslandCampina tidak hanya berfokus pada penyediaan nutrisi terbaik bagi konsumen melalui produk-produk berbasis susu bergizi seperti susu, keju, dan nutrisi anak, tetapi juga untuk membangun kehidupan yang lebih baik bagi peternak sapi perah lokal melalui kemitraan dan program edukasi yang berkelanjutan.

“Tentu sejalan dengan perusahaan induk, FFI dengan merek FRISIAN FLAG® yang telah hadir lebih dari 100 tahun dan hingga kini tetap menjadi merek favorit konsumen memiliki visi Nourishing Indonesia to Progress," kata Corporate Communications Manager Frisian Flag Indonesia, Fetti Fadliah.

Melalui komitmennya, kata Fetti, FFI turut aktif berkontribusi kepada kemajuan bangsa dalam menyediakan produk-produk bergizi bagi jutaan keluarga Indonesia, mendukung mitra peternak dalam peningkatan kesejahteraan melalui berbagai macam program salah satunya program YPFA ini, serta beroperasi secara berkelanjutan untuk  Indonesia yang lebih Sehat, Sejahtera, dan Selaras.

Baca juga: Kemenperin: peningkatan bisnis peternak dukung produksi susu meningkat

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023