Banjarmasin (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor memimpin pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebanyak 10.000 pesilat bergerak yang beraksi di halaman Kantor Gubernur Kalsel di Kota Banjarbaru, Sabtu.
 
"Alhamdulillah hari ini kita berhasil memecahkan rekor dunia, target kita 10.000 namun ternyata lebih dari 10.000 ribu pesilat, ini untuk mengangkat kekayaan budaya kita,” kata  Sahbirin Noor usai aksi tersebut.
 
Sebagai bukti aksi itu memecahkan rekor dunia, Senior Manager MURI Triyono memberikan piagam MURI yang diterima langsung Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.
 
Kegiatan tersebut bertepatan peringatan Hari Sumpah Pemuda  tahun 2023 ini.
 
Sekaligus pula pelantikan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Kalimantan Selatan yang diketuai Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor masa bakti 2020-2024 oleh Wakil Ketua Umum PB IPSI H M Shiddiq.
 
Terkait pemecahan rekor MURI tersebut, diikuti seluruh perguruan silat di provinsi tersebut juga aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Kalsel.
 
Sebelum acara dimulai, 10.000 pesilat dibakar semangatnya oleh panitia pelaksana.
 
“Siap? Kalau ditanyakan Salam Olahraga jawabnya Jaya. Pencak silat, jawabnya Juara. Paman Birin, jawabnya Bergerak Yes,” ungkap panitia yang disambut dengan semangat pesilat.
 
Gubernur yang lebih akrab disapa Paman Birin tersebut memimpin langsung jurus tunggal 1 dan 2 yang diikuti antusias seluruh pesilat. Jurus tunggal 1 terdiri dari 7 gerakan dan jurus 2 terdiri dari 6 gerakan.
 
Pencak silat memiliki variasi gerakan dengan tujuan melakukan serangan atau mempertahankan diri dari lawan. Bentuk setiap gerakan juga memiliki unsur berbeda seperti cara melangkah, posisi, hingga arah sasaran gerakan.
 
Gubernur pun mengucapkan terima kasih dan rasa bangga kepada seluruh jajaran MURI perguruan pencak silat, ASN dan karyawan-karyawati di lingkup pemerintah provinsi Kalimantan Selatan, yang bergerak serentak untuk menyukseskan terciptanya rekor MURI ini.

Baca juga: Pelajar SMA raih MURI berkat aplikasi kesehatan dan kebugaran
Baca juga: Bengkulu pecahkan rekor MURI literasi pemilih pemula terbanyak
 
Dia mengatakan, ribuan peserta silat hadir di tempat ini bukan hanya soal jumlah, tetapi sebuah atraksi cinta banua untuk pencak silat sebagai seni bela diri asli Indonesia.
 
“Inilah penghargaan kita terhadap seni bela diri pencak silat, yang di dalamnya terukir kekayaan budaya dan peradaban bangsa. Sarana memelihara persaudaraan, persatuan dan kesatuan kita sebagai suatu bangsa,” katanya
 
Dia juga mengatakan, momen ini juga menjadi motivasi untuk para atlet pencak silat agar lebih bisa berprestasi ke depan nya.
 
Senior Manager MURI Triyono, mengatakan, pihaknya telah memverifikasi peserta untuk jurus tunggal.
 
 
Menurutnya, Paman Birin berhasil menciptakan rekor dunia. “Hari ini, MURI akan menganugerahi sebagai sebagai rekor dunia,” katanya.
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat menerima piagam rekor MURI pada aksi 10.000 pesilat bergerak di Halaman kantor Gubernur Kalsel di Kota Banjarbaru, Sabtu. (ANTARA/HO-Adpim Pemprov Kalsel)

Pewarta: Sukarli
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023