Akan ada beberapa unit yang akan dilakukan pemeliharaan dan peremajaan pada gelaran plant stop kali ini.
Dumai, Riau, (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai menghentikan sementara produksi atau Plant Stop Changed Out Catalyst (COC) dijadwalkan dimulai dari 1-27 November 2023 untuk menjaga keandalan kilang agar dapat selalu beroperasi dengan optimal.

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai Agustiawan, Minggu, menyebutkan bahwa Plant Stop COC pada kilang Dumai kali ini meliputi beberapa bagian dari unit kilang. Tujuannya adalah mengembalikan performance produksi terkait dengan "End of Run (EOR) Catalyst".

“Akan ada beberapa unit yang akan dilakukan pemeliharaan dan peremajaan pada gelaran plant stop kali ini, seperti sebagian unit di 'Hydrocraker' (HCU), 'Delayed Cooking Unit' (DCU), 'H2 Plant', 'Naphta Rerun Unit' (NRU), 'Unit Platforming', serta 'Unit Distillate Hydrotreating Unit' (DHDT),” ujarnya pula.

Dia menjelaskan pula bahwa kegiatan pemeliharaan dan peremajaan ini merupakan program yang terjadwal tiap tahunnya. Oleh karena itu, pihaknya telah melakukan serangkaian kegiatan perencanaan dan koordinasi jauh sebelum pelaksanaan.

“Secara internal kami telah membentuk tim task force dalam rangka eksekusi Plant Stop COC. Selain itu, kami juga telah membentuk 12 Forum Group Discussion (FGD) untuk memudahkan koordinasi dan pelaksanaan di lapangan,” katanya lagi.

Koordinasi eksternal ke Pemerintah Kota Dumai, forkopimda, dan pemangku kepentingan terkait pun sudah dibangun sebelum eksekusi. Kegiatan "Plant Stop COC" kali ini, katanya lagi, berhasil menyerap tenaga kerja sekitar 2.800 orang.

“PT KPI Unit Dumai tetap berkomitmen dalam menjaga ketahanan stok bahan bakar minyak nasional selama pelaksanaan plant stop. Selain itu, aspek HSSE tetap menjadi prioritas kami selama pelaksanaan plant stop,” ujarnya pula.

Dengan dukungan Pemerintah Kota Dumai, forkopimda, masyarakat, serta stakeholder lainnya, Agustiawan berharap plant stop ini dapat berjalan dengan aman dan lancar. Dengan begitu kilang Dumai kembali andal dan dapat berproduksi secara maksimal.
Baca juga: Kilang Pertamina Dumai hemat biaya operasional Rp176,4 miliar/tahun
Baca juga: Polda Riau tetapkan tersangka baru ledakan Kilang Pertamina Dumai

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023