Jakarta (ANTARA) - Gugup karena empat tahun tak bersua para penggemarnya di Indonesia sekaligus kali pertama mengadakan konser solo di luar negeri, itulah yang semula terbersit dalam pikiran idola Kang Young-hyun atau biasanya disapa Young K jelang konser solo "Letters with Notes" di Jakarta pada Sabtu (28/10) malam.

Namun, menurut dia, para penggemar yang ikut bernyanyi memberinya kekuatan dan energi. Kata cinta pun mengalir dari pria yang telah menyelesaikan wajib militernya itu.

"Aku cintamu", katanya dan ucapan Young K ini serta merta dibalas jeritan para penggemarnya,--dijuluki My Day.

"Malam ini akan menjadi legenda, jadi aku merasa terhormat dan bersemangat berada di sini. Apa kalian siap untuk Young K, apa kalian siap untuk Brian, siap untuk My Day?," kata dia.

Young K tahu bagaimana menghibur para My Day dan membuat mereka menjerit, termasuk kala menyelipkan kata "terima kasih" di sela nyanyian "Time of Our Life", sebuah lagu yang dinyanyikan band-nya, DAY6 dan pernah dibawakan dalam konser "GRAVITY in JAKARTA" pada tahun 2019.

Nostalgia konser DAY6 sesaat hadir kala lagu dalam album "The Book of Us: Gravity" itu mengalun. "Sudah lama ya," komentar Young K sebelum meminta penggemar berteriak. Dia juga mengarahkan mikrofonya pada penggemar, membiarkan mereka menyanyikan bagian awal lagu.

Satu per satu lagu-lagu solo dia hadirkan, seperti "Playground", "babo", "What a Wonderful World", "Microphone", "Maybe Next Time", "SOUL" dan "What is".

Usai bernyanyi sejumlah lagu, dia berbicara pada para penggemar, mengungkapkan pemikirannya termasuk tentang "babo" misalnya. Lagu ini sebagian besar liriknya berbahasa Inggris dan hanya kata "babo" yang diambil dari Bahasa Korea.

Kata "babo" atau "pabo" bisa diartikan "bodoh" dan setiap kata itu muncul di lirik, penggemar akan menyebutnya, seolah-olah kata itu ditujukan untuk Young K.

"Aku tak pernah tahu kalau bisa menikmati dipanggil 'babo'. Aku tak mau dipanggil 'babo' setiap saat, tapi hanya di lagu ini. Kalian memanggilku 'babo' kan? Aku mau sekali lagi dipanggil 'babo'," kata dia seraya tertawa.
Penyanyi Young K dalam konser "Letters with Notes" di Jakarta, Sabtu (28/10/2023) malam. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Sesi mengobrol Young K dengan penggemar berlanjut. Kali ini dia membahas tentang dirinya yang tak menyangka akan menyanyikan secara langsung lagu-lagu dalam album barunya, "Letters with Notes" di depan para My Day.

Dia lalu mengucap dirinya bisa berada dan bernyanyi di depan mereka karena para penggemar yang memanggilnya dan merasa membutuhkannya. Young K berterima kasih banyak untuk itu.

Young K juga sempat menuturkan soal hidup. Menurut dia, hidup bisa diwarnai berbagai peristiwa dan dia mengingatkan penggemar bahwa mereka tak sendirian. Ada dirinya yang akan selalu bernyanyi dan berada di sisi mereka.

Penggemar juga diingatkan bahwa mereka memiliki teman dan keluarga yang mencintai mereka. Young K lalu meminta mereka untuk peduli satu sama lain dan ini diiyakan oleh My Day.

Berbicara tentang alasannya bernyanyi, dia mengatakan ini karena dia menyukai kegiatan ini dan demi membuat My Day bahagia. Selain sebagai penyanyi, Young K juga seorang pembetot bas band DAY6, DJ radio, penulis lagu, penulis lirik dan penyanyi rap di masa lalu.

Dia lalu memperkenalkan proyek "Young One", mengundang satu rekannya, gitaris Ki-yoon untuk membantunya membawakan lagu-lagu seperti "nothing", "reality" dan cover lagu "I'm Yours" milik penyanyi Jason Mraz dan "Viva La Vida" dari Coldplay.

Young K juga mengabulkan permintaan penggemar yang ingin dirinya bernyanyi lebih banyak dengan membawakan "Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki" dari band Sheila On 7. Dia membawakan dua kali lirik "Belai lembut jarimu. Sejuk tatap wajahmu. Hangat peluk janjimu, wo-ho. Belai lembut jarimu. Sejuk tatap wajahmu. Hangat peluk janjimu. Anugerah terindah yang pernah kumiliki".

Dia berkomentar "Anugerah terindah yang pernah kumiliki" sebagai lagu yang luar biasa.
Penyanyi Young K dalam konser "Letters with Notes" di Jakarta, Sabtu (28/10/2023) malam. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Suasana konser sempat terasa syahdu kala Young K meminta lampu-lampu di ruangan dimatikan, menyisakan lampu menyala di sisinya. Sembari duduk, perlahan dia melantukan, "goodnight, dear".

Penggemar menyimpan suara mereka rapat-rapat, membiarkan ponsel pintar mereka merekam pertunjukan menyanyi sang idola ditemani alunan gitar. Sebagian mereka menitikkan air mata karena merasa terharu.

Suasana syahdu seketika berganti usai "goodnight, dear" dilantukan. Young K meminta penggemar berdiri dari kursi mereka agar bisa menikmati "Bungee Jumping", "natural", "STRANGE". Dia juga melantunkan "Guard You", "Dreamer", "nothing but" dan "not gonna love".

Pada jelang akhir konser, giliran penggemar menghibur idola mereka. Sebuah video dari penggemar diputar di layar besar. Senyum Young K mengembang melihat sampul album yang dipilih penggemar dan DENIMALZ atau boneka karakter hewan, miliknya.

"Terima kasih. Aku enggak (menangis)," kata dia usai menonton video.

"Jujur, aku merindukan kalian, sangat, sangat. Terima kasih sudah menerimaku," imbuh dia.

Tak lama, lagu "let it be summer" dia lantunkan, pertanda konser selama kurang lebih dua jam akan benar-benar berakhir. Di tengah-tengah lagu, Young K turun dari atas panggung, menyapa My Day dari dekat sembari melambaikan tangan. Dia kemudian kembali ke atas panggung mengucapkan kata "terima kasih banyak" dan pamit pada penggemar.

Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2023