Jakarta (ANTARA) - Properti atau bangunan erat kaitannya dengan beton sebagai material pengecoran, pondasi, atap dak, tiang hingga pembatas antarlantai sehingga tiap bangunan memerlukan lapisan beton yang kuat, tahan suhu tinggi hingga korosi.

Chandra Kurniawan selaku Marketing Manager PT Adhi Cakra Utama Mulia (Aquaproof) dalam siaran resmi pada Minggu menjelaskan bahwa beton dapat diperkuat dengan penggunaan Betonmix.

"Betonmix merupakan salah satu produk dari Aquaproof yang berbentuk cairan bening siap pakai dengan Superior Plasticizer Technology yang berfungsi untuk meningkatkan daya alir beton sehingga beton yang dihasilkan lebih padat, tidak ada rongga udara yang terjebak di dalamnya yang dapat beresiko menimbulkan keropos, serta beton yang dihasilkan lebih kedap air," kata Chandra Kurniawan.

Ia menjelaskan, Betonmix bisa digunakan untuk menaikkan kualitas pada berbagai jenis beton antara lain beton bertulang, precast, beton prategang, beton serat hingga beton hampa yang biasanya dipakai untuk pembangunan gedung tinggi.

Baca juga: Aquaproof meluncurkan tiga varian warna baru

Adapun keunggulan menggunakan Betonmix menurut Chandra antara lain:

Meningkatkan mutu

Dengan penggunaan Betonmix pemakaian air dapat dikurangi tanpa mempengaruhi daya alir beton (kemudahan aplikasi/workability/slump) serta dapat meningkatkan kuat tekan beton.

Penambahan Betonmix ke adukan beton dapat mengurangi penggunaan air hingga 30 persen dari kebutuhan air normal, dan berpengaruh juga pada peningkatan kuat tekan beton hingga 20 persen ketika beton berumur 28 hari.

Mempercepat pengerasan

Beton yang ditambah Betonmix selama 7-14 hari mempunyai daya kuat tekan yang setara dengan beton tanpa Betonmix berumur 28 hari.

Mempermudah pengecoran

Untuk mempermudah pengerjaan pengecoran, Betonmix dapat ditambahkan ke dalam adukan. Slump beton (daya alir) akan meningkat tanpa menurunkan kuat tekan beton yang dihasilkan.

Beton yang mengalir diperlukan untuk pengerjaan cor beton seperti area yang sangat luas, beton dengan sistem tulangan yang rapat, kolom yang tinggi, luas penampang yang kecil, dan pengecoran dengan menggunakan pompa beton.

Betonmix menjadikan beton bersifat self-compacting atau memadat dengan sendirinya sehingga hasil cor menjadi lebih padat dan tidak keropos.

Meningkatkan kekedapan air

Beton yang lebih padat memiliki pori-pori yang jarang dan lebih kecil sehingga air tidak meresap ke dalamnya. Hal itu membuat beton lebih kedap air dan meminimalisir masalah rembes dan bocor di kemudian hari.

Betonmix dipasarkan dalam ukuran kemasan 1 kg, 5 kg dan 30 kg yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan. Penggunaan Betonmix cukup 1 persen dari berat semen, misalkan semen yang digunakan 2 sak (1 sak = 50 kg) maka cukup tambahkan Betonmix 1 kg untuk dicampurkan ke dalam air yang digunakan.

Baca juga: Mengenal prosedur waterproofing cegah kebocoran kamar mandi

Baca juga: Supergrout luncurkan tiga warna baru

Baca juga: Aquaproof luncurkan Aquaproof Special Edition

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023