Ini sebuah amanah untuk kita mengantarkan generasi Indonesia menuju level global
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmikan BUMN School of Excellence (BSE) sebagai upaya transformasi melalui akselerasi peningkatan kompetensi dan profesionalisme.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, upaya ini bertujuan untuk membawa BUMN terus bersaing di level global, di mana peran pemimpin di BUMN perlu diperkuat dengan program pengembangan kemampuan memimpin, berbisnis yang konsisten dan berkelanjutan melalui program program berkelas global dengan konteks lokal.

"Ini sebuah amanah untuk kita mengantarkan generasi Indonesia menuju level global. Ini sebuah keterpanggilan untuk kita Lead Indonesia, Transform the Nation," ujar Kartika melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

BSE diresmikan dan telah menjadi entitas legal yang permanen dalam bentuk Perkumpulan sesuai persetujuan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tanggal 30 Agustus 2023.

Diketahui, Kementerian BUMN telah membentuk BUMN Leadership & Management Institute (BLMI) melalui penunjukan Bank Mandiri sebagai koordinator yang didukung oleh Telkom Indonesia, Pertamina, Wijaya Karya, dan FHCI pada tahun 2021.

BLMI pada saat itu masih berbentuk satuan kerja yang merancang dan menjalankan program pengembangan SDM khususnya terkait Leadership Program bagi pimpinan BUMN dengan dengan visi menjadi Leaders Factory for Indonesia.

Dalam 2 tahun pertama, BLMI berhasil menyelenggarakan berbagai Program Leadership BUMN yaitu Onboarding Direktur & Komisaris, CFO School, GRC Master Class, CBDO School dan CHRO School dengan total peserta mencapai 2.800 orang yang melibatkan 54 fasilitator, Subject Matter Expert dan Praktisi.

Untuk memastikan program tersebut terpapar dengan konteks global dan konteks lokal dalam menjalankan program tersebut BSE juga menjalin kerjasama dengan berbagai strategic partner baik di dalam maupun luar negeri.

Chairman BUMN School of Excellence Agus Dwi Handaya menyampaikan, BSE telah menjalankan berbagai program yang mendukung tujuan Kementerian BUMN, dengan fokus pada pengembangan bisnis dan kompetensi.

Saat ini, ada dua program sedang berlangsung, yaitu CHRO School yang diikuti oleh 98 CHRO BUMN, dan BSE Business Essentials yang akan berlangsung dalam lima batch.

Selain itu, juga terdapat program-program berikutnya yang akan dilaksanakan pada akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024 yang diantaranya termasuk Top Talent BOD-1 dan CEO Excellence Forum.

Baca juga: Srikandi BUMN buka peluang generasi muda jadi Insan Bulog
Baca juga: Stafsus Menteri BUMN apresiasi Pemali Boarding School PT Timah

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023