Nusa Dua (ANTARA News) - Ketua Dewan Pers Bagir Manan mengharapkan media mampu memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan bangsa dan negara di tengah era globalisasi.

"Kami harapkan peran jurnalis tidak berubah, meski terjadi perubahan media dalam perkembangan ilmu, teknologi dan fungsi media," kata Bagir Manan pada pembukaan Pertemuan Puncak Pemimpin Redaksi Se-Indonesia 2013 di Nusa Dua, Bali, Kamis.

Ia mengatakan di tengah keragaman dan perbedaan antarmedia, maka dengan berkumpulnya pemimpin redaksi dapat menjadi pendorong untuk perbaikan fungsi dan peran pers.

"Kami meyakini jika media massa dapat menjalankan fungsinya secara baik, maka media akan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara," katanya.

Ketua Forum Pemred Wahyu Muryadi menambahkan bahwa pertemuan ini adalah pertemuan yang benar-benar digagas oleh pemimpin redaksi dan tidak ada kaitannya dengan istana.

"Ini adalah pertemuan pertama kali dalam sejarah dan yang paling penting adalah kita berpikir tentang diri kita (pers) dan juga komitmennya untuk negeri ini," katanya.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013