Jakarta (ANTARA) - Islam Nusantara Center (INC) bekerja sama dengan DPR RI dan MPR RI memberikan penghargaan "Santri of The Year 2023" untuk sejumlah santri dan pesantren inspiratif.

Direktur INC Aly Taufiq menjelaskan tokoh-tokoh santri dan pesantren tersebut diserap dari masukan masyarakat melalui platform media, kemudian dari masukan tersebut, dipilih tiga untuk masing-masing kategori oleh tim juri.

“Setelah itu, dipersilakan kepada masyarakat untuk vote melalui polling (jajak pendapat) online di santriinspirasi dot com,” kata Aly Taufiq dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin.

Tahun ini, sambung dia, terdapat sekitar 500.000 orang yang berpartisipasi dalam pemungutan suara dan ribuan usulan yang masuk di redaksi panitia penyelenggara.

“Proses polling juga disertai penelusuran rekam jejak dan penilaian oleh juri yang berasal dari para dewan pakar Islam Nusantara Center,” kata Aly Taufiq.

Dari proses tersebut, ditetapkan sebanyak 11 santri dan pesantren pemenang "Santri of The Year 2023". Pemberian penghargaan dilaksanakan di Nusantara IV, Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (29/10).

Mereka adalah Mochammad Afifuddin (Anggota KPU) untuk kategori Santri Inspiratif Bidang Kepemimpinan Nasional; Emil Elestianto Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur) untuk kategori Santri Inspiratif Bidang Kepemimpinan Provinsi; dan Ahmad Muhdlor Ali untuk kategori Santri Inspiratif Bidang Kepemimpinan Kabupaten/Kotamadya.

Berikutnya, Ahmad Faisal Imron (Sastrawan, Penyair & Pelukis) kategori Santri Inspiratif Bidang Seni dan Budaya; Hanan Attaki kategori Santri Inspiratif Bidang Dakwah; dan Prof. Akhmad Muzakki (Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya) kategori Santri Inspiratif Bidang Pendidikan.

Selanjutnya, Ali Sarbani (Pengusaha Properti, Semarang, Jawa Tengah) kategori Santri Inspiratif Bidang Wirausaha/Entrepreneur; Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur kategori Pesantren Salaf Inspiratif; dan Pondok Pesantren Darul Muttaqien, Bogor, Jawa Barat kategori Pesantren Modern Inspiratif.

Selanjutnya, Pondok Pesantren Metal Muslim Al-Hidayat, Pasuruan, Jawa Timur untuk kategori Pesantren Entrepreneur Inspiratif dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Asy’ariyyah, Wonosobo, Jawa Tengah untuk kategori Pesantren Takhassus Inspiratif.

"Santri of The Year 2023 diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, sekaligus memberi penghargaan kepada santri dan pesantren inspiratif sebagai upaya menumbuhkan inspirasi di kalangan santri dan pesantren di Tanah Air," kata Aly.

INC berharap, Santri of The Year mampu memberikan inspirasi kepada dunia pesantren agar terus semangat dalam memperkenalkan santri dan pesantren yang menjadi nominator secara lebih luas.
 

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023