"...merupakan apresiasi atas kerja keras para pendidik dalam mencerdaskan peserta didiknya,"
Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 43 guru dan tenaga kependidikan mendapatkan penghargaan dari Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

"Program apresiasi guru dan tenaga kependidikan ini diselenggarakan setiap tahun. Penghargaan ini merupakan apresiasi atas kerja keras para pendidik dalam mencerdaskan peserta didiknya," kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Nunuk Suryani dalam keterangannya kepada media, Selasa.

Dikatakan, berkaitan dengan Ditjen GTK Kemendikbudristek bekerjasama dengan Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Riau menggelar penganugerahan tingkat Provinsi Riau dan Pekan bukti karya komunitas belajar 2023, pada Senin (30/10) malam. Kegiatan ini bertema "Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar".

Menurut Nunuk Suryani kerja keras ini tentu dibarengi dengan semangat belajar, berkarya dan berbagi sesuai visi Merdeka Belajar. Karena itu tema kegiatan ini mengikuti arah kebijakan yang sedang terjadi saat ini.

Untuk tema tahun 2023 katanya lagi, apresiasi bagi guru yang inspiratif, inovatif dan dedikatif terkait implementasi kebijakan Merdeka Belajar. Guru tersebut menjadi inspirasi bagi masyarakat dan mempunyai dedikasi yang tinggi dalam implementasi kurikulum Merdeka Belajar.

"Dirjen PTK percaya guru adalah agen transformasi yang menjadi ujung tombak dari Merdeka Belajar. Maka kami ingin selalu mendukung kiprah guru di seluruh Indonesia dan mengapresiasi karya guru sehingga nanti bisa menjadi inspirasi untuk guru lain," katanya.

Selain itu Nunuk Suryani mengatakan bahwa program Merdeka Belajar ini tidak akan bisa berjalan dengan baik jika garda terdepan itu belum menjadi agen transformasi.

Gubernur Riau Syamsuar yang diwakili Kadisdik Riau Kamsol mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada BGP Riau yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

"Kami sangat mengapresiasi BGP Riau melalui kegiatan ini, sebagai pendukung ruang lingkup tugas dan fungsi guru dan tenaga kependidikan dalam penyelenggaraan pembelajaran kepemimpinan dan pembimbingan di satuan pendidikan," ucap Kamsol.

Kemendikbudristek melalui Ditjen GTK memberikan apresiasi terhadap 15 kategori. Kategori tersebut yaitu GTK Inovatif, Guru tingkat TK 3 orang, Guru tingkat SD 3 orang, Guru tingkat SMP 3 orang, Guru tingkat SMK 3 orang dan Guru tingkat SMA 3 orang.

Berikut kategori GTK Dedikatif , Guru Tingkat TK 3 orang, Guru tingkat SD 3 orang, Guru tingkat SMP 3 orang dan Guru tingkat (SMA/SMK/SLB) 2 orang.

Kategori GTK Inovatif Kepala Sekolah tingkat TK 3 orang, Kepala Sekolah tingkat SD 3 orang dan Kepala Sekolah tingkat SMP 3 orang. Kategori Inovatif Pengawas Dikmendiksus tingkat (SMA/SMK/SLB) 3 orang. Kategori Dedikatif Kepala Sekolah Dikdas tingkat (TK,SD,SMP) 3 orang dan kategori Inovatif Pengawas Dikdas 2 orang.

Total yang menerima penghargaan adalah 43 guru dan tenaga pendidik yang berasal dari 12 kabupaten/kota se Provinsi Riau.
Baca juga: Pemprov Riau buka pendaftaran seleksi 3.379 formasi PPPK
Baca juga: Guru pelaku kekerasan seksual di Riau dapat dijerat pasal berlapis
Baca juga: Pemprov Kepri segera tambah insentif guru non-ASN


 

Pewarta: Frislidia
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023