Serang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melaksanakan pembinaan bibit atlet bulu tangkis untuk ke pentas nasional dan internasional karena bulu tangkis menjadi cabang olahraga unggulan Provinsi Banten di sejumlah event olahraga.
 
Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pembinaan dan Pelatihan Olahraga (PPO) pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga Pemprov Banten, Firmansyah di Serang, Banten, Rabu, mengatakan, pembinaan atlet bulu tangkis dilaksanakan dengan menggelar berbagai kejuaraan, baik yang diselenggarakan Pemprov Banten maupun masyarakat.
 
"Pemprov Banten memberikan apresiasi kejuaraan ini. Karena tujuannya memajukan buluta ngkis di Provinsi Banten," katanya.
 
Menurutnya, kejuaraan tersebut merupakan, upaya menjaring bibit atlet untuk tingkat nasional hingga internasional.
 
Dikatakan, Pemprov Banten sendiri saat ini membina enam atlet bulu tangkis di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) untuk tampil di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas). Cabang olahraga bulu tangkis termasuk cabang unggulan untuk meraih medali.
 
"Usia 13-15 tahun untuk Popnas bulu tangkis cabang prioritas, selalu memberikan medali," katanya.
 
Sementara itu, Ketua Panitia 11 tahun Yonex-Sunrise Doubles Special Championship 2023 Candra Wijaya mengungkapkan, tujuan kejuaraan untuk membantu PBSI melakukan pembinaan atlet bulu tangkis. Selain itu, kejuaraan tersebut untuk mempopulerkan nomor ganda pada olahraga bulu tangkis.
 
Sebagai informasi, ajang bergengsi khusus ganda ini berlangsung pada 1-4 November 2023 di Hall Daihatsu Yonex-Sunrise Candra Wijaya International Badminton Centre (DYSCWIBC).
 
Mempertandingkan nomor laki-laki, perempuan, dan campuran doubles kelompok usia 17 dan 19 tahun Juga nomor senior doubles, senior doubles dan intern doubles. Kecuali nomor bulu tangkis konvensional tersebut, untuk pertama kali juga digelar pertandingan nomor three on three gabungan usia. Selain memperebutkan trofi, kejuaraan ini memperebutkan total hadiah Rp472 juta.
 
Kejuaraan dibuka oleh Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan didampingi Ketua PBSI Provinsi Banten Sudarto Adinagoro dan Candra Wijaya. Pembukaan ditandai dengan pemukulan shuttlecock ke arah peserta.

Baca juga: Bambang Brodjonegoro gandeng Chandra Wijaya bentuk komunitas badminton
Baca juga: Dominasi bulu tangkis DKI Jakarta di PON runtuh di Papua

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023