"Saya minta masyarakat tepat pada hari Pahlawan 10 November 2023 mendatang dapat memasang atau mengibarkan bendera merah putih di depan rumah masing-masing mulai pagi hingga pukul 18.00 WIB,"
Sungailiat (ANTARA) - Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Andi Hudirman meminta masyarakat di daerah itu mengibarkan bendera merah putih selama satu hari saat Peringatan Hari Pahlawan ke-78 pada 10 November 2023,

"Saya minta masyarakat tepat pada hari Pahlawan 10 November 2023 mendatang dapat memasang atau mengibarkan bendera merah putih di depan rumah masing-masing mulai pagi hingga pukul 18.00 WIB," kata Andi Hundirman, usai menggelar rapat persiapan peringatan Hari Pahlawan di Sungailiat, Kamis.

Memasang bendera merah putih, kata Sekda sebagai pengingat dan menghormati jasa para pahlawan yang dahulu berjuang membela Tanah Air melawan penjajah dengan mengorbankan jiwa raga.

"Hari pahlawan yang setiap tahun di selenggarakan dengan menggelar upacara menjadi momentum penting bagi masyarakat mengingat kembali masa perjuangan para pahlawan yang saat itu melawan penjajah tanpa menyerah," kata dia.

Dia berpendapat perjuangan para pahlawan mewariskan semangat perjuangan bagi generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat baik untuk kepentingan masyarakat maupun pembangunan.

Hari Pahlawan ke 78 tahun 2023, mengusung tema "Semangat Pahlawan untuk masa depan bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan", mengandung makna yang cukup penting bagi generasi bangsa saat ini supaya lebih bersemangat mengisi kemerdekaan dengan berdaya saing.

Hari Pahlawan 2023 di Kabupaten Bangka dijadwalkan akan diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan mulai dari mengheningkan cipta yang ditandai dengan membunyikan sirene di tempat peribadatan dan fasilitas umum pada jam 08.30 WIB, upacara bendera, ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan serta pemberian tali asih kepada veteran dan janda para pejuang kemerdekaan.


 

Pewarta: Kasmono
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023